> Download Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Doc - Artikelusaha.net - Informasi Bisnis dan Wirausaha

ADVERTISEMENT

Download Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Doc

Download Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Doc - Surat penawaran merupakan surat yang diajukan oleh produsen kepada konsumen dalam rangka penawaran kerja sama baik berupa jasa maupun barang. Konsumen dalam hal ini bisa berupa perusahaan maupun individu terkait yang memiliki relevansi kebutuhan barang atau jasa tersebut.

Agar sukses dalam menawarkan barang dan jasa, dalam membuat surat penawaran produsen harus mengetahui format surat penawaran barang dan jasa yang baik dan benar. Seperti yang kita ketahui banyak sekali usaha yang bergerak dibidang jasa maupun barang. Usaha dibidang jasa adalah usaha yang mengandalkan jasa seseorang atau perusahaan. Contoh usaha dibidanga jasa cuci mobil, salon, kurir, ojek online dan lain-lain.

Sedangkan usaha dibidang barang adalah perusahaan atau individu yang menghasilkan benda atau barang. Contoh usaha barang adala pabrik semen, pabrik sepatu, pabrik pakaian, produsen mebel dan berbagai jenis barang lainya. Oleh karena agar sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam surat penawaran hendaknya disesuaikan dengan konsumen terkait.

Download Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Doc

Format Surat Penawaran Barang dan Jasa


Adapun untuk membuat surat penawaran yang baik dan benar. Maka harus disesuaikan dengan format surat penawaran. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Kop Surat
  2. Kepala Surat
  3. Pembuka Surat
  4. Isi Surat
  5. Penutup Surat

Contoh Surat Penawaran Barang/Jasa yang Baik dan Benar


Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat penawaran barang dan jasa adalah sebagai berikut:

1. Identitas Konsumen

Dalam membuat surat penawaran, identitas konsumen baik perusahaan maupun individu sangatlah penting. Hal ini menyangkut profesionalitas perusahaan maupun individu terkait. Oleh karena itu di dalam surat penawaran identitas produsen (penawar) haruslah jelas. Identitas produsen biasanya dicantumkan dalam amplop maupun kop surat agar terlihat langsung saat dibuka. 

2. Stok Barang / Kapasitas Jasa

Selanjutnya yang harus dilampirkan adalah jumlah stok barang yang dimiliki. Adanya lampiran jumlah stok barang ini untuk mempermudah klien mengerti kemampuan pengirim yang akan menjalin kerjasama dengannya.

Hal ini menjadi salah satu pertimbangan bagi klien. Karena di sini klien akan mempertimbangkan kemampuan pengirim surat penawaran dalam memenuhi kebutuhan klien.

Berikan stok barang yang ada serta seberapa banyak kebutuhan tersebut dapat dipenuhi jika pasokan kebutuhan dilakukan secara rutin.

Tak ada salahnya jika melampirkan rincian terkait hal ini dalam surat penawaran. Sehingga klien dapat memiliki pertimbangan yang baik. Untuk pengaplikasian stok barang dalam isi surat, sebaiknya cari contoh surat penawaran yang memberikan hal tersebut.

3. Deskripsi Barang/Jasa

Hal yang kemudian juga harus diberikan pada surat penawaran adalah terkait produk. Berikan penjelasan yang rinci terkait produk yang akan ditawarkan. Spesifikasi produk serta pilihan produk yang dapat diberikan. Apalagi jika ada berbagai jenis produk yang dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan klien.

Penjelasan produk serta lampiran penjelasan produk ini akan memberikan gambaran yang baik bagi klien terkait kondisi produk yang dimiliki.

Sehingga klien dapat memberikan pertimbangan dalam segi produk saat akan melakukan kerjasama. Selain itu melampirkan jenis-jenis produk yang dapat menjadi alternatif juga dapat memberikan peluang kerjasama baru.

4. Harga Spesial

Masalah harga menjadi salah satu pertimbangan utama saat akan melakukan pembelian barang. Sehingga perihal harga menjadi masalah krusial yang perlu dicantumkan dalam surat penawaran.

Karena setiap klien pasti ingin mendapatkan harga terbaik dengan kualitas terbaik. Tak ada salahnya untuk melampirkan ‘harga khusus’ bagi klien yang akan diajak melakukan kerjasama.

Harga khusus yang dilampirkan tersebut menjadi suatu ‘kelebihan’ yang dapat ditonjolkan pada klien. Apalagi untuk pembelian dalam jumlah yang banyak. Sertakan juga range harga jika harga barang tersebut naik turun.

5. Prosedur Pembayaran

Tata cara pembayaran menjadi hal yang penting untuk dijelaskan di dalam surat ini. Karena kesepakatan pembayaran ini menjadi salah satu perjanjian yang akan mempengaruhi kerjasama ke depannya.

Apalagi tiap perusahaan memiliki kriteria pembayarannya masing-masing. Untuk itu perlu diberi penjelasan bagaimana tata cara pembayaran di awal.

Ada berbagai tata cara pembayaran yang biasanya ditawarkan. Mulai dari pembayaran lunas di depan, pembayaran dengan DP(uang muka), hingga pembayaran di tempat. Jika memang masalah pembayaran dapat dibicarakan lebih lanjut sebaiknya sertakan keterangan tersebut.

6. Proses Pengiriman Barang

Selanjutnya adalah masalah pengiriman barang. Dalam contoh surat penawaran yang baik, seharusnya masalah pengiriman barang ini menjadi hal yang wajib dilampirkan.

Masalah pengiriman barang ini akan berkaitan dengan masalah pembayaran. Karena biasanya barang dikirim setelah perjanjian pembayaran menemui kesepakatan.

Bagi barang-barang tertentu tak ada salahnya mencantumkan, bagaimana barang tersebut dikemas, metode transportasi yang akan digunakan serta berbagai hal lainnya.

Ini penting untuk memberikan jaminan pada klien jika barang yang dipesan akan selamat sampai ke tujuan. Sehingga perlu meyakinkan klien terkait dengan hal ini.

7. Sifat Penawaran 

Ada berbagai sifat penawaran yang dapat ditawarkan pada klien. Berbagai sifat penawaran ini sebaiknya dijelaskan pada bagian surat penawaran. Beberapa sifat penawaran yang ada antara lain sebagai berikut.

Penawaran terikat. Pada penawaran jenis ini maka penawaran yang terjadi antara klien dan perusahaan pengirim penawaran sifatnya terikat. Sehingga jika ada perubahan harga atau jumlah barang pihak perusahaan wajib memberitahukan pada pihak klien. Begitu juga sebaliknya.

Jenis penawaran tidak terikat atau penawaran bebas. Di penawaran jenis ini maka jika ada perubahan harga maupun jumlah produk pihak perusahaan maupun klien tidak wajib saling memberitahukan. Inilah yang membuat penawaran ini diberi nama penawaran bebas. Karena pihak klien dan perusahaan tidak saling terikat.

Penawaran berjangka waktu. Jenis penawaran yang satu ini berlaku di jangka waktu tertentu. Biasanya jenis penawaran yang satu ini berlaku untuk penawaran jasa. Sehingga kerjasama hanya berlaku pada jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian.

8. Kelengkapan Administrasi 

Masalah administrasi pendukung ini juga penting untuk dilampirkan. Ini karena masalah administrasi dapat menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat klien menjadi semakin tertarik.

Sertakan berbagai macam administrasi yang dapat membuat klien menjadi semakin yakin. Beberapa administrasi yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut.
  • NPWP.
  • Surat Izin Perdagangan (SIUP).
  • Daftar Rekam Jejak (TDR).

Download Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Doc


Gratis Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Doc. Bagi Anda yang ingin mengunduh contoh surat penawaran barang dan jasa, silahkan download melalui link dibawah.

  • Contoh Surat Penawaran Barang - Download
  • Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik - Download
  • Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa - Download
Admin rasa cukupkan dulu pembahasan mengenai surat penawaran barang dan jasa. Dari beberapa penjelasan diatas, semoga dapat membantu Anda dalam membuat surat penawaran kepada klien atau konsumen.

Demikian artikel dengan judul Download Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Doc. Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan Anda. Sampai jumpa di artikel mernarik dan terbaru lainya. Wassalam....
Dapatkan informasi terbaru gratis langsung via E-mail. Klik
Discaimer: Semua penggunaan konten (video, gambar, dan teks) diambil dari label yang bebas untuk didistribusikan. Jika Anda menemukan pelanggaran hak cipta, link rusak atau penawaran kerjasama silahkan hubungi Kontak Kami.

Belum ada Komentar untuk "Download Contoh Surat Penawaran Barang dan Jasa Doc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel