Download Contoh Surat Keterangan Usaha (SKU) Doc

Contoh Surat Keterangan Usaha - SKU merupakan surat yang dikeluarkan oleh pihak kelurahan yang mana SKU ini menjadi informasi penting sebuah kepemilikan usaha di desa atau tempat orang tersebut tinggal. Biasanya SKU ini diajukan oleh para pemilik usaha informal seperti UMKM, Usaha Dagang (UD) atau usaha lainya yang tidak berbadan hukum.

Usaha berbadan hukum adalah usaha yang telah mendapatkan perijinan resmi dari dinas terkait, seperti contoh CV atau PT yang mana telah terdaftar secara resmi dan memiliki surat-surat perijinan. Surat Keterangan Usaha (SKU) dalam beberapa pesyaratan administrasi seringkali dibutuhkan, seperti ketika pengajuan seorang pemilik usaha UKM yang mendapatkan sebuah penawaran tender atau proyek dalam sekala besar.

Atua ketika mendapatkan order/proyek dari pemerintah, maka bagi para pemilik usaha informal biasanya harus melampirkan surat keterangan usaha. Dalam pengajuan proposal maupun dalam lampiran pertanggung jawaban. Selain itu juga SKU digunakan sebagai persyaratan pengajuan kredit usaha baik di koperasi maupun perbankan.

Seperti contoh Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diselenggarakan oleh bank BRI. Dengan program KUR seseorang dapat meminjam uang di bank untuk modal usaha. Diantara surat yang wajib dilampirkan agar mendapat pinjaman kredit dari pihak bank adalah harus dilengkapi dengan SKU dari kelurahan dimana orang tersebut tinggal.

Surat Keterangan Usaha (SKU) KUR BRI
Download Contoh Surat Keterangan Usaha (SKU) Doc

Baca Juga: Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Usaha (UMKM)

Proses Pengajuan Surat Keterangan Usaha (SKU)


Apa sih yang harus dipersiapkan dalam pembuatan SKU ? bagi Anda yang belum pernah mengajukan SKU tentunya bertanya-tanya mengenai prosedur dan persyaratan yang harus disiapkan. Berikut ini adalah beberapa proses dan persyaratan yang harus disiapkan untuk membuat SKU.

1. Surat Pengantar dari RT/RW 

Cukup dengan menunjukkan KTP atau KK kepada ketua RT setempat, kemudian menyampaikan maksud dan kedatangan meminta surat pengantar. Secara resmi dalam membuat surat pengantar RT/RW untuk pembuatan SKU tidaklah dipungut biaya.

Seperti pengajuan surat lainya, dalam membuat SKU juga harus membawa surat pengantar dari RT/RW. Surat pengantar dari RT/RW ini adalah sebagai langkah awal pembutan SKU dan sebagai bukti bahwa Anda benar-benar terdaftar sebagai anggota RT/RW tempat domisili dimana Anda tinggal.

2. Datang ke Kantor Kelurahan/Kepala Desa

Setelah Anda mendapatkan Surat Pengantar RT/RW, langkah selanjutnya yaitu mendatangi Kantor Kelurahan/Kepala Desa. Biasanya di kelurahan/kantor kepala desa Anda akan diminta untuk mengisi formulir untuk pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Isilah formulir yang diberikan oleh kelurahan sesuai dengan data yang valid.

Secara resmi dalam pembuatan SKU di kelurahan tidaklah dipungut biaya sepeserpun. Jika Ada biaya lainya maka biaya tersebut bisa dikatakan pungli. Kemudian setelah proses pengisian formulir pengajuan SKU telah Anda isi, silahkan berikan kepada petugas. Tunggu beberapa saat untuk proses pencetakan SKU.

3. Berkas yang Harus Disiapkan

Adapun berkas yang harus disiapkan dalam proses pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) adalah sebagai bertikut.

  1. Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Foto Kopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Foto Usaha yang dijalankan (di print)

Surat Keterangan Usaha (SKU) dari desa atau kelurahan sebenarnya mudah dan simpel dalam proses pembuatanya. Anda dapat mengurus secara mandiri Contoh Surat Keterangan Usaha (SKU) sehingga tidak mengeluarkan biaya tambahan.

Baca Juga: 7 Langkah Beternak Belut yang Benar Bagi Pemula

Contoh Format Surat Keterangan Usaha (SKU)


Berikut ini adalah contoh format Surat Keterangan Usaha (SKU) yang dikeluarkan oleh pemerintah Desa/Kelurahan.

SURAT KETERANGAN USAHA
Nomor : 37/SKU-PG/2014


Kepala Desa Suka Maju Kecamatan Suka Miskin Kabupaten Suka Senang, dengan ini menerangkan bahwa :

N a m a         : Karmono
N I K : 330009990003939
Tempat/Tgl. Lahir : Suka Senang, 10-12-1987
Agama         : Islam
Pekerjaan : Peternak
Alamat         : Desa Suka Maju RT 07/RW 02, Kecamatan Suka Miskin, Suka Senang, Jawa Tengah

Nama yang tertera diatas adalah benar penduduk kami yang berdomisili Desa Suka Maju RT 07/RW 02 Kecamatan Suka Miskin, Suka Senang, Jawa Tengah.

Berdasarkan pengamatan kami bahwa nama tersebut diatas benar memiliki usaha Ternak Ayam Horn di Desa Suka Maju.

Demikian Surat Keterangan Usaha (SKU) ini dibuat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                      DIKELUARKAN DI :  SUKA MAJU
                                                                                      PADA TANGGAL :  .... MARET  20....

                                                                                      
                                                                                      KEPALA DESA SUKA MAJU
                                                                                      KAB. SUKA SENANG.



                                                                                      KARDIMAN, S. Sos

Download Contoh Surat Keterangan Usaha (SKU) Doc


Gratis unduh Surat Keterangan Usaha (SKU) menggunakan file doc. Anda dapat mendownload SKU melaui link yang ada dibawah. Adapun SKU ini dibuat menggunakan format DOC. atau microsoft word. Sehingga lebih mudah bagi Anda yang mengedit sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 



Kami rasa cukupkan disini dulu pembahasan tentang Contoh Surat Keterangan Usaha (SKU). Adapun untuk pembuatan SKU biasanya disetiap kelurahan/desa setempat telah memiliki format SKU sendiri. Silahkan datang ke kelurahan dimana tempat Anda berdomisili sesuai dengan KTP Anda.

Baca Juga: Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Media Kolam Terpal Bagi Pemula

Demikian artikel dengan judul Download Contoh Surat Keterangan Usaha (SKU) Doc. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat SKU. Terimakasih telah mengunjungi blog ArtikelUsaha.Net. Sampai jumpa lagi di artikel terbaru lainya. Wassalam....

0 coment⳩os

Posting Komentar