Inilah 5 Faktor Penyebab Jualan Toko Online Sepi Pembeli

Penyebab Toko Online Sepi - Seiring dengan perkembangan dunia online, kini orang-orang mulai berbondong-bondong beralih untuk memulai usaha bisnis online. Salah satunya yaitu membuat toko online untuk jualan produk atau barang yang mereka miliki secara online. Jualan melalui online memang cukup menggiurkan, tanpa membutuhkan modal yang besar dan menyewa karyawan, kita sudah dapat memulai usaha jualan.

Namun pada kenyataanya tidak semua orang yang terjun menekuni toko online bisa meraih kesuksesan dari produk yang mereka jual. Mungkin ada ribuan lebih orang yang berhenti untuk menekuni jualan online karena faktor sepinya pembeli. Terkadang karena kendala sepinya pembeli menjadikan semangat untuk jualan online menjadi kendor. Faktor inilah yang sering menyebabkan para pemula gagal dalam memulai bisnis online.

Setiap orang memiliki rizki yang berbeda-beda, jadi jangan patah semangat saat usaha yang Anda jalankan sedang sepi. Di kesempatan kali ini Artikelusaha.net akan membahas tentang penyebab sepinya usaha online, terutama bagi Anda yang sedang menerjuni bisnis online, agar supaya Anda dapat mengetahui penyebab mengapa usaha jualan online sepi.

jualan online sepi pembeli
Ilustrasi jualan online sepi pembeli


Faktor Penyebab Toko Online Sepi Pembeli


1. Tingginya Tingkat Persaingan

Tidak dipungkiri setiap usaha pasti memiliki banyak pesaing, hanya saja jika pesaing Anda terlalu banyak sedangkan produk yang Anda jual tidak memiliki nilai jual lebih, maka produk yang Anda  jual dapat dipastikan akan tenggelam karena kalah bersaing dengan para penjual lainya.

2. Segmen Pasar yang Rendah

Jualan sepi bisa jadi jangkauan pasar produk yang Anda jual terlalu sempit. Misalkan Anda menjual barang yang jarang diminati oleh orang atau barang yang Anda jual bersifat musiman.

3, Harga yang Terlalu Tinggi

Pernahkah Anda melakukan pengecekan harga barang yang Anda jual, dibanding dengan penawaran harga penjual lainya ? sesekali Anda dapat merubah mindset sebagai seorang pembeli. Para calon pembeli rata-rata akan memilih barang dengan harga murah atau minimal standar harga pada umumnya.

Tentuunya jika barang yang Anda jual memiliki harga yang terlalu tinggi menjadikan calon pembeli kabur dari toko online Anda.

4. Pemasaran yang Kurang Tepat

Setiap penjual memiliki produk yang berbeda-beda, oleh karena itu sebagai penjual Anda harus tepat dalam memilih metode pemasaran. Jangan sampai produk busana Anda jual di lapak HP begitu juga sebaliknya. Anda juga harus dapat menentukan media apa yang hendak Anda gunakan.

Anda dapat berjualan melalui toko online sendiri, media sosial atau marketplace. Dari beberapa media tersebut Anda harus dapat menganalisis kira-kira manakah yang lebih tepat untuk pemasaran produk Anda.

Disisi lain Anda juga dapat menggunakan semua media, namun untuk hal ini Anda harus bekerja ekstra untuk pemasaran.

5. Toko Online Tidak Muncul di Halaman Pertama Google

Bagi Anda yang berjualan melalui media website, wajib hukumnya web toko online Anda masuk halaman pertama google. Optimasi SEO adalah hal wajib untuk para penjual online yang memiliki toko online sendiri. Jika Anda tidak paham tentang SEO Anda dapat menggunakan jasa seo.

Penyebab sepinya pembeli dikarenakan kalahnya toko online Anda dalam persaingan di halaman 1 google. Agar jualan online Anda rame pembeli, setidaknya ada beberapa kata kunci website Anda masuk dihalaman pertama google. Gunakan keyword yang menjual seperti jual mebel jepara, jual gamis pria, jual hijab dan keyword yang menjual lainya.

Baca Juga: 7 Karakter Orang Yang Tidak Berbakat Jadi Pengusaha, Terakhir Paling Berbahaya

Nah, bagaimana, kira-kira manakah yang menjadi penyebab usaha jualan online Anda sepi ? mungkin dari beberapa faktor yang telah diuraikan belum mewakili masalah yang Anda alami, silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Demikian artikel 5 Faktor Penyebab Jualan Toko Online Sepi Pembeli, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang menekuni toko online. Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan share/bagikan. Terimakasih atas kunjungan Anda.


0 coment⳩os

Posting Komentar