7+ Makanan Ringan yang Paling Laris dan Menguntungkan

Peluang Usaha Makanan Ringan - Usaha di bidang makanan ringan merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Makanan ringan sering dijadikan camilan dan banyak disukai masyarakat baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Apalagi jika makanan ringan yang Anda jual terasa kriuk dan nikmat, tentunya akan laris dan sangat menguntungkan.

Makanan ringan saat ini yang banyak dijual di beberapa minimarket seringkali menipu masyarakat, kelihatanya memiliki ukuran besar namun ternyata setelah dibuka isinya hanya sedikit, sisanya berisi angin doang. Nah, bagi Anda penggiat UKM tidak perlu takut bersaing usaha makanan ringan dipasaran.

Ide usaha makan ringan banyak sekali ragamnya, diantaranya adalah makanan ringan dari olahan buah-buahan dan ubi-ubian  seperti kripik pisang, kripik apel, kripik sukun, kripik singkong. Serta beberapa aneka bahan lainya seperti kripik usus dan kripik tempe. Contoh beberapa camilan yang dijual dipasaran adalah camilan serba 1000, camilan serba 2000 dan makanan ringan serba 500.

Makanan Ringan yang Menguntungkan untuk Dijual

#1. Kripik Singkong


Kripik Singkong
Kripik Singkong

Beragam camilan dari olahan singkong menjadi makanan ringan favorit, diantaranya adalah kripik singkong. Camilan yang satu ini sebenarnya sudah cukup jadul. Meskipun sudah lama dikenal oleh masyarkat, kripik singkong sudah mendapat tempat dihati masyarakat. Sehingga untuk penjualan, kripik singkong bisa dikatakan cukup stabil.

Kripik singkong saat ini dijual dengan berbagai varian rasa mulai dari rasa asin, barbeque, balado, rasa pedas, sapi panggang dan aneka varian rasa lainya. Bagi Anda yang hendak membuka usaha camilan, usaha kripik singkong cukup menguntungkan dan patut untuk dicoba. 

#2. Kripik Pisang


kripik pisang
kripik pisang

Kripik pisang adalah beberapa pilihan camilan buah yang memiliki rasa renyah, gurih dan kriuk. Kripik pisang biasanya digoreng dengan bumbu asin. Untuk jenis pisang yang cocok untuk diolah adalah pisang kepok, pisang raja dan pisang nangka.

Saat ini pisang juga banyak dikreasikan dengan berbagai macam varian rasa. Seperti keju, coklat, manis, balado, barbeque dan aneka rasa-rasa lainya. Biasanya untuk penjualan, kripik pisang dititipkan di toko-toko dengan harga 1000. 2000 dan 5000 ribuan.



#3. Kripik Usus


Kripik Usus

Usus ayam seringkali dianggap bagian yang tidak begitu berguna, biasanya usus asam dimanfaatkan untuk pembuatan sate usus. Namun ada beberapa orang yang membuangnya begitu saja. Sebenarnya jika Anda jeli dalam melihat peluang. Usus ayam bisa di kreasikan menjadi camilan yang super nikmat.

Camilan kripik usus ayam banyak disukai karena rasanya yang asin dan gurih. Selain itu kripik usus ayam dapat dijadikan lauk-pauk, sehingga tidak heran kripik usus memiliki penjualan yang cukup laris dipasaran.

Bahan baku usus ayam sangat mudah didapatkan. Anda dapat membeli usus ayam di tempat pemotongan ayam. Harga usus ayam juga cukup murah sehingga keuntungan usaha kripik usus ayam cukup menjanjikan. Untuk cara pembuatan kripik usus ayam, Anda dapat membaca artikel berikut: Cara Membuat Kripik Usus Ayam

#4. Makanan Ringan Macaroni


makanan ringan makaroni
makanan ringan makaroni

Macaroni adalah makanan pasta berbentuk seperti potongan usus. Macaroni biasanya dimasak dengan cara di tongseng ada juga yang direbus. Masakan khas itali ini sudah cukup lama dikenal masyarakat indonesia. Saat ini macaroni juga banyak diolah menjadi makanan ringan.

Peluang usaha camilan macaroni pun cukup menjanjikan. Karena camilan macaroni juga memiliki rasa nikmat, kriuk dan lezat. Untuk soal rasa, biasanya camilan macaroni ditambahakan bumbu tabur berbagai varian rasa seperti super pedas dan balado. Macaroni biasanya dijual di kantin dan toko-toko jajan dibandrol dengan harga serba 1000 an. 

#5. Stik Singkong (Tela-tela)

Tela-tela
Tela-tela

Tela-tela atau stik singkong menjadi makanan favorit masyarakat. Makanan ringan dari bahan baku singkong ini biasanya disajikan secara langsung kepada pembeli. Sehingga singkong yang telah diiris berbentuk stik ini baru digoreng saat ada pembeli.

Tela-tela rasanya sangat nikmat ketika masih hangat dengan tambahan bumbu tabur aneka rasa seperti jagung manis, barbeque, sapi panggang, balado dan super pedas. Untuk Anda yang ingin berjualan makanan ringan, tela-tela menjadi salah satu pilihan yang wajib untuk dipertimbangkan.

#6. Pisang Coklat (Piscok)

Piscok
Piscok

Piscok merupakan singkatan dari "Pisang Coklat", makanan berbentuk lumpia ini sangat nikmat saat dimakan ketika masih hangat. Rasanya manis dan renyah banyak disukai semua orang, terutama anak-anak SD dan SMP. Makanan ini cukup populer dan mudah untuk didapatkan karena banyak dijual oleh pedagang dijalanan.

Usaha makanan ringan piscok memiliki prospek cukup bagus karena memiliki banyak peminat. Apalagi lokasi jualan Anda ditempat-tempat ramai seperti sekolahan, food court, dan kampus. Mungkin bagi Anda yang penasaran, usaha piscok bisa menjadi alternatif usaha Anda. 

#7. Krupuk Rambak

Krupuk Rambak
Krupuk Rambak

Krupuk rambak atau dikenal dengan krupuk kulit ini menjadi camilan yang cukup populer dimasyarakat. Krupuk rambak banyak dijual diwarung-warung kelontong maupun warung makan karena sering dijadikan pelengkap lauk-pauk.

Usaha makanan ringan krupuk rambak merupakan peluang yang cukup menjanjikan. Krupuk rambak juga sering disajikan dalam acara-acara prasmanan. Apalagi jika Anda menjalin kerja sama dengan katering atau distrbutor makanan ringan. 

#8. Kripik Tahu

Kripik Tahu
Kripik Tahu

Jika biasanya makan ringan atau  camilan terbuat dari ubi-ubian atau buah-buahan. Makanan ringan olahan tahu dengan bahan dasar kedelai ini bisa dijadikan makanan ringan. Camilan kripik tahu sangat nikmat untuk teman sambil nonton TV maupun sebagai pelengkap lauk pauk.

Kripik tahu dibuat dari tahu yang diambil kulitnya, atau sering disebut tahu pong. Kemudian diolah dengan tepung meizena dengan bumbu dapur bawang putih dan garam. Beberapa ada yang menambahkan sledri agar terasa lebih lezat. Usaha makanan ringan kripik tahu saat ini sudah merambah dibeberapa minimarket dan swalayan.

#9. Kripik Tempe

Kripik Tempe
Kripik Tempe

Tempe adalah lauk-pauk khas indonesia yang banyak disukai masyarakat. Makanan berbahan kedelai ini juga diproduksi menjadi makanan ringan. Kripik tempe memiliki rasa kriuk dan gurih sangat cocok untuk pelengkap lauk pauk maupun untuk camilan saat berkumpul bersama keluarga.

Tempe memiliki banyak nutrisi dan vitamin, sehingga banyak disukai ibu-ibu rumah tangga untuk hidangan anak-anak. Usaha makanan ringan kripik tempe bisa dikatakan peluang usaha yang cukup menjanjikan, karena tempe memiliki harga terjangkau serta mudah untuk didapatkan.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Camilan Yang Stabil di Pasaran

Nah, dari beberapa peluang usaha makanan ringan diatas, kira-kira manakah yang menurut Anda mudah untuk dijalankan dan memiliku keuntungan yang cukup menjanjikan. Jangan lupa tuliskan pendapat Anda melalui komentar dibawah.


Buka KomentarTutup Komentar