Inilah 7+ Cara Hidup Orang Cina Mengapa Bisa Sukses Dimanapun

Prinsip Hidup Sukses Orang Tionghoa - Diamanapun tempat tinggal baik di indonesia maupun diseluruh dunia tidak luput dari keberadaan orang tionghoa. Hampir diseluruh kota yang ada di indonesia maupun di negara-negara maju dan negara berkembang terdapat kampung tionghoa atau sering disebut pecinan.

Meskipun orang  cina adalah pendatang, sebagian besar orang cina tionghoa sukses dalam menjalankan bisnis ditempat yang mereka singgahi. Bahkan para taipan ini beranak pinak sukses mampu menjalankan roda bisnis orang tua mereka.

Diantaranya adalah pengusaha nomer wahid di indonesia berdarah tionghoa. Robert Budi Hartono dengan kekayaan sekitar 9,7 miliar dolar atau 126,1 triliun. Nama ayahnya Oei Wie Gwan pendiri perusahaan rokok Djarum. Dengan saudaranya bernama Michael Hartono, ia mengembangkan perusahaan warisan orang tuanya.

prinsip sukses orang tionghoa agar sukses


Mengapa Sih Orang Cina Suku Tionghoa kok Bisa Sukses Dimana Saja ?

Tidak harus orang cina, sebenarnya siapapun dan dari suku apapun memilliki hak untuk hidup sukses. Namun tidak ada salahnya kita mempelajari prinsip-prinsip hidup orang cina mengapa mereka bisa sukses.

1. Orang Tionghoa Sukses Tidak hanya Untuk Dirinya Sendiri, Tapi Juga Untuk Keturunanya.


Keluarga Tioghoa Sukses


Sebagian besar orang tionghoa berfikir jauh untuk masa depan keturunan mereka. Tetapi bukan berarti tidak membekali ilmu bisnis kepada anak turunya. Orang tionghoa mewariskan perusahaan yang mereka dirikan hingga anak cucuk. Tidak heran jika orang-orang cina yang hidup dimanapun berada, bisa sukses secara turun temurun.

Terkadang saat beberapa orang berada di titik kesuksesan, sebagian besar seringkali kehilangan tujuan. Tidak sedikit berfoya-foya menghambur-hamburkan kekayaan yang mereka miliki tanpa memikirkan bagaimana keberlangsungan hidup anak cucu mereka.

2. Kesuksesan Sejati adalah Ketika Kita Mampu Bangkit Dari Kegagalan


Kesuksesan Menurut Orang Tionghoa


Bagi orang tionghoa mampu bangkit kembali dari kegagalan adalah sebuah kesuksesan sejati. Kegagalan seringkali membuat seseorang frustasi sehingga menjadikan mental terpuruk dan susah untuk bangkit kembali. Jika Anda mengalami kegagalan, prinsip hidup orang tionghoa ini bisa Anda jadikan sebagai motivasi untuk bangkit dari keterpurukan.

3. Optimis Dengan Masa Depan, Mengiklaskan yang Sudah Berlalu




Kegagalan seringkali membayangi kehidupan seseorang sehingga saat melangkah menjadikan seseorang merasa pesimis. Berbeda dengan orang tionghoa, mereka selalu optimis menghadapi masa depan. Karena masa depan tidak ada yang pasti, oleh karena itu dengan sikap optimis rasa percaya diri akan terbangun.

Begitu juga saat mengalami kegagalan atau melakukan kesalahan, orang tionghoa tidak ingin berlarut-larut untuk menyesali kegagalan yang mereka alami. Justru sebaliknya, setiap kegagalan menjadi pengalaman berharga agar tidak mengulang kesalahan yang sama sehingga menyebabkan kegagalan.

4. Mengatur Keluar Masuk Uang, Memastikan Tidak Ada Kebocoran




Orang tionghoa memiliki catatan tersendiri arus keuangan dalam kehidupan mereka. Memastikan tidak ada kebocoran keuangan karena keteledoran maupun pengeluaran yang terlalu berlebihan yang tidak bermanfaat. Prinsip inilah yang sering diabaikan sebagian orang sehingga seringkali mengalami masalah keuangan di dalam keluarga maupun menjalankan usaha.

5. Memulai Usaha dengan Cara Berdagang




Hampir sebagian besar usaha yang dijalankan oleh orang cina adalah berdagang. Orang-orang tionghoa sangat pandai dalam berdagang. Selain itu harga yang ditawarkan oleh orang tionghoa jauh lebih murah dibandingkan toko lainya. Tidak heran jika toko orangtiong hoa selalu laris manis diserbu pembeli.

6. Ramah, Murah Senyum, Pembeli Adalah Raja




Bagi orang tionghoa pelayanan yang baik terhadap konsumen merupakan hal yang sangat penting. Selain pandai dalam berdagang, orang-orang tionghoa selalu murah senyum dan ramah terhadap para konsumen mereka. Bagi orang tionghoa, pemebeli adalah raja sehingga wajib diperlakukan sebaik mungkin.

Ini menjadi poin penting bagi Anda yang menjalankan usaha perdagangan. Pelanggan adalah manusia yang memiliki hati dan perasaan. Kesan yang baik akan menjadikan usaha yang Anda jalankan diingat setiap pembeli yang datang.

7. Hidup Hemat Dalam Keadaan Apapun


Hidup hemat adalah prinsip bagi orang-orang tionghoa untuk mencapai kesuksesan. Tidak hanya disaat susuah, meskipun telah mencapai kesuksesan. Sebagian besar tetap berprinsip hdup hemat dalam membelanjakan uang. Bagi orang-orang cina, mereka yang tidak bisa hidup hemat pada akhirnya pasti akan hidup menderita.

8. Bekerja Keras Merubah Nasib

Bagi orang-orang tionghoa yang belum mencapai kesuksesan atau masih dalam keadaan susah. Tidak ada pilihan lain untuk tidak bekerja keras hingga mencapai kesuksesan. Mereka memiliki tekad, semangat dan rajin dalam usaha yang mereka jalankan.

Bagi Anda yang masih males-malesan atau setengah-setengah dalam berjuang, sebaiknya kubur mimpi Anda untuk menjadi orang sukses. Jika Anda ingin sukses, Anda harus bekerja sekeras mungkin sehingga bisnis yang Anda jalankan dapat mencapai titik kesuksesan.
Buka KomentarTutup Komentar