Tidak Diterima PTN, Ini 5 Contoh Pekerjaan Sebagai Bukti Sukses Tidak Harus Kuliah

Sukses Tak Harus Lewat Kuliah - Diterima kuliah di Perguruan Tinggi Negri merupakan sebuah impian bagi sebagian pelajar lulusan SMA atau sederajat. Dapat diterima di PTN menjadi kebanggaan tersendiri karena dianggap sebagai keberhasilan dalam jenjang pendidikan.

Tidak heran jika disetiap seleksi masuk PTN, baik itu melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau melalui jalur Peserta Mandiri (PM). Banyak sekali pelajar yang rela berbondong-bondong datang bersama keluarga bahkan dari luar kota hingga luar pulau untuk mengikuti tes seleksi masuk PTN.

Namun sayangnya kuota penerimaan mahasiswa di Perguruan Tinggi tidak sebanyak jumlah pendaftar tes seleksi masuk PTN. Oleh karena itu kenyataan pahit yang harus diterima oleh para pelajar peserta tes seleksi masuk PTN yaitu, harus siap mental ketika dinyatakan tidak diterima di Perguruan Tinggi Negri.



Bagi Kamu yang telah diterima kami ucapkan selamat, namun bagi kamu yang ditolak masuk PTN tidak perlu berkecil hati. Kesuksesan tidak harus ditempuh melalui jalur kuliah, toh saat ini banyak sekali lulusan S1 yang masih menganggur.

Mungkin 5 contoh pekerjaan ini bisa menjadi motivasi buat kamu yang tidak lulus mengikuti tes seleksi SBMPTN maupun jalur mandiri.

5 Contoh Pekerjaan Sebagai Bukti Sukses Tidak Harus Kuliah

1. Blogger

Blogger adalah sebuah pekerjaan menulis dan sebagian orang hanya menjadikanya sebuah hobi. Namun pekerjaan sebagai seorang blogger bisa dijadikan sebagai profesi jika Kamu benar-benar tekun menjalaninya. Menjadi seorang blogger tidak harus sekolah tinggi-tinggi S1, S2, bahkan S3. Apapun lulusan Anda asal punya kemauan tinggi, sukses dari kegiatan blogging bukan menjadi impian belaka.

Seperti contoh seorang blogger sukses Eka Lesmana, dia hanyalah anak desa tukang angon bebek yang hanya lulusan S2. Maksud kami SD dan SMP (S2). Ya benar, Mas Eka paling tinggi pendidikanya adalah SMP, namun jangan salah. Meskipun lulusan SMP penghasilan Mas Eka lebih tinggi dari gaji lulusan S1 dan seorang PNS.

Mungkin buat Kamu yang penasaran berapa gaji Mas Eka bisa lihat video berikut:



2. Youtuber

Pekerjaan menjadi seorang youtuber tentunya tidak asing bagi Kamu yang gemar streaming video di youtube. Untuk menjadi seorang youtuber sukses, Kamu tidak dituntut harus memiliki pendidikan tinggi. Bahkan tidak sedikit lulusan sarjana yang malah terjun menjadi youtuber.

Beberapa youtuber malah memilih meninggalkan bangku kuliahan karena fokus menjalani profesi sebagai seorang youtuber.

Salah satu youtuber sukses yang sebelumnya hanya berprofesi sebagai tukang ojek, penjaga warnet hingga menjadi youtuber terkenal adalah Reza Arap Oktovian. Reza menjadi youtuber terkenal melalui channel youtubenya dengan topik video gaming. Setiap bermain game, reza merekam aktivitasnya bermain game dan mengupload video hasil rekaman melalui channel youtube miliknya.

Reza Arap Oktovian
Saat ini channel youtube Reza Arap memiliki subscriber 2 juta lebih dengan penghasilan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah perbulan.

3. Android Developer

Pernah terfikir gak, aplikasi yang ada di HP android Kamu?  siapa yang bikin coba? Jangan-jangan Kamu berfikir pembuatnya adalah Google. Memang sih google play atau Play Store adalah milik google. Tapi bukan berarti aplikasi yang ada didalamnya semua milik google.

Android developer adalah pekerjaan pembuat aplikasi yang ada di google play. Dari aplikasi yang telah dibuat, Kamu bisa mendaftarkanya melalui google admob. Disitu Kamu juga bisa mengajukan pendaftaran google adsense agar nantinya aplikasi bisa dipasang iklan.

Salah satu contoh developer android sukses yang sebelumnya hanya bekerja sebagai kuli panggul disebuah dermaga pelabuhan adalah mas Henry. Mas Henry adalah contoh tauladan yang patut Kamu tiru dari segi semangat mapun keuletan. Meskipun tidak berpendidikan tinggi mas Henry mampu memiliki penghasilan diatas orang-orang yang memiliki gelar sarjana.



4. Jualan Online

Peluang usaha jualan online merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Jualan online tidak harus membuat atau memiliki sebuah website toko online, apalagi jika pasaran indonesia. Cukup menggunakan sosial media seperti facebook dan instagram Kamu sudah bisa jualan online.


Nadia Rahma remaja putri yang waktu itu masih duduk di bangku SMA namun sudah memiliki penghasilan sendiri hanya dengan jualan online. Tidak tanggung-tanggung, omzet yang didapat Nadia perharinya dapat mencapai Rp. 2.000.000. Angka yang cukup fantastis bagi remaja yang masih duduk dibangku SMA.

Baca Juga: Trik Nadia Rahma Banjir Order Jualan Online di Facebook

5. Berwirausaha 



Siapa sangka seorang remaja putri yang hanya lulus di bangku SMA ini menjadi perempuan muda sukses dengan kerajinan batik khas kota cirebon. Sally Giovani adalah seorang pengusaha muda perempuan yang lahir dari keluarga ekonomi pas-pasan.

Meskipun berasal dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan, sally bertekad untuk menjadi seorang pengusaha sukses dengan berjualan batik trusmi khas kota cirebon. Saat ini omset perhari sally mencapai ratusan juta, memiliki 800 karyawan tetap dan 700 pengrajin batik.

Baca Juga: Kisah Sukses Pengusaha Muda Perempuan Sally Giovani

Nah, setelah membaca beberapa contoh pekerjaan diatas, semoga menjadi motivasi untuk bangkit kembali buat Kamu yang merasa sedih karena tidak diterima kuliah di PTN.

Dunia tak selebar daun kelor sob! Dengan caramu sendiri, buktikan kamu bisa jauh lebih sukses dari mereka yang memiliki pendidikan tinggi.

Demikian ulasan 5 Contoh Pekerjaan Sebagai Bukti Sukses Tidak Harus Kuliah, Jangan Lupa SHARE, untuk memotivasi teman-temanmu juga ya sob !
Buka KomentarTutup Komentar