5 Peluang Usaha Kuliner Khas Bandung yang Sedang Ngehits

Makanan Khas Bandung Yang Paling Populer - Bandung merupakan ibu kota jawa barat yang dikenal dengan sebutan kota kembang dan Paris Van Java, atau parisnya tanah jawa. Julukan tersebut memang sangat pas karena selain terkenal dengan mojangnya yang geulis pisan, kota Bandung juga memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Tidak hanya keindahan alam, bandung juga memiliki beragam jajanan kuliner yang banyak digemari oleh masyarakat. Beberapa kuliner bandung terpopuler juga banyak diminati masyarakat luar kota bandung. Dikesempatan kali ini ArtikelUsaha.Net akan membagikan beberapa informasi tentang jajanan kuliner khas Bandung yang sedang ngehits saat ini.

Ide usaha jajanan kuliner khas bandung yang sedang ngehits, merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan dan patut untuk dicoba. Terutama di kota-kota besar seperti kota jakarta, semarang, surabaya, dan kota-kota lainya. Banyak sekali masyarakat yang penasaran dan ingin mencoba jajanan kuliner khas bandung ini.

5 Jajanan Kuliner Khas Bandung yang Sedang Populer

Berikut ini adalah beberapa jajanan kuliner khas bandung yang sedang booming, yang cukup menjanjikan untuk dijual di kota lain. 

1. Seblak 


jajanan bandung paling ngehits
Seblak Basah Macaroni

Makanan khas kota Bandung yang sedang moncer dan populer di kota lain adalah Seblak. Makanan ini berbahan dasar krupuk mentah (rambak) kemudian digoreng dengan campuran macaroni, siomay, telur dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, penyedap rasa, garam serta kencur dan cabe pedas.

Jajanan kuliner seblak  banyak divariasi untuk menarik konsumen pecinta masakan seblak. Diantara variasi masakan seblak adalah seblak campuran mie, seblak dengan kerupuk, seblak macaroni, seblak cilok, seblak bakso, seblak kering, seblak ceker, seblak siomay dan berbagai variasi lainya.

Baca Juga: Cara Membuka Usaha AICE Ice Cream di Agen Langsung

2. Cilok




Kuliner khas Bandung yang satu ini mendadak populer dan menjadi peluang usaha di kota-kota lain karena seirng muncul di salah satu sinetron RCTI. Cilok Barokah Kang Koswara dalam sinetron Dunia Terbalik menjadi makanan yang cukup ngehits kala itu.

Bahan baku cilok tebuat dari tepung tapioka, bawang putih , daun bawang, merica bubuk,  tepung terigu, gula pasir dan garam. Cilok biasanya disajikan dengan cara di kukus kemudian ditambahkan dengan bumbu serbuk aneka rasa seperti balado, super pedas, barbeque dan asinan.

Selain disajikan dengan cara dikukus, cilok juga divariasi dalam penyajianya dengan cara digoreng. Digoreng juga cukup nikmat dan lezat dengan tambahan bumbu serbuk serta asinan.

Cilok Goreng


3. Cireng

Makanan aci ini memang tak sepopuler temanya, yaitu cilok. Namun cireng juga memiliki citarasa yang tak kalah nikmat. Cireng sendiri merupakan sebutan dari Aci Goreng, bahan dasar cireng menggunakan tepung kanji, orang sunda menyebutnya aci.

Cireng Salju

Adapun adonan cireng terbuat dari tepung kanji, merica, tepung terigu, daun bawang, seledri, bawang putih, garam dan penyedap rasa. Cireng salju adalah gorengan yang paling umum dan dapat Anda temukan ditempat penjual gorengan. Selain cireng salju cireng juga banyak divariasi dengan berbagai model rasa seperti cireng isian ayam, cireng isian keju, cireng isian beef dan cireng bumbu kecap.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Camilan Yang Stabil di Pasaran

4. Cimol

Cimol Kering


Jajanan ini memiliki bentuk bulat seperti bakso yang menggunakan bahan dasar tepung kanji. Cimol hampir mirip dengan cilok goreng tetapi cimol lebih empuk dan renyah. Cimol lebih nikmat disajikan saat masih hangat karena setelah kering, teksture cimol sedikit lebih alot.

Bahan baku pembuatan cimol pun menggunakan tepung kanji dengan tambahan adonan seperti tepung beras, tepung terigu, garam, merica, baking soda powder dan telur ayam. Cimol disajikan dengan cara ditaburi bumbu serbuk penyedap rasa seperti balado, barbeque, super pedas, asam manis dan aneka rasa lainya.

5. Basreng

Basreng merupakan jajanan khas bandung singkatan dari BASRENG alias Bakso Goreng, jajanan kuliner yang satu ini terbuat dari bahan ikan tengiri yang dipotong tipis-tipis seperti krupuk. Basreng menggunakan adonan seperti ikan tenggiri atau juga bisa menggunakan ikan lainya, namun lebih nikmat menggunakan tengiri.

Basreng Kering

Kemudian untuk tambahan bahan dan bumbu lain yaitu  tepung sagu, bawang putih, bawang merah, garam, es serut, baking soda powder, telur dan penyedap rasa.

Basreng Basah


Setelah di iris tipis-tipis, basreng bisa langsung digoreng. Namun jika ingin lebih awet, basreng juga bisa dijemur hingga kering. Dalam penyajianya, basreng ditaburi dengan bumbu pedas atau asinan. Basreng yang djemur memiliki teksture lebih keras, namun soal rasa, basreng kering juga memiliki rasa yang cukup mantap.

Nah, dari 5 jajanan kuliner khas kota bandung diatas manakah yang menurut Anda paling mudah untuk dijalankan ?

Demikian ulasan mengenai jajanan khas bandung yang sedang laris dan ngehits. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang hendak membuka usaha jajanan kuliner khas kota bandung.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan lupa share ya sob ! 
Buka KomentarTutup Komentar