Kisah Sukses Anak Tukang Kayu Miskin, Rocco Commiso yang Kini Jadi Pengusaha Terkaya

Kisah Sukses Pengusaha - Sekali lagi kita tidak boleh meremehkan siapapun. Nasib orang tidak ada yang pernah tahu, bisa jadi orang yang hidupnya susah saat ini di kemudian hari akan menjadi orang tersukses dan terkaya di dunia.

Salah satunya Adalah seorang pengusaha bernama Rocco Commisso, dia adalah anak dari seorang tukang kayu dengan kehidupan yang serba pas-pasan yang saat ini telah menjadi orang sukses dengan kekayaan harta yang dimilikinya senilai USD 4,3 miliar atau jika dirupiahkan sama dengan Rp 59,1 triliun (Rp 13.748 per USD).

Bapaknya adalah seorang tukang kayu yang memiliki penghasilan sangat minim dibawah rata-rata. Bahkan untuk makan terkadang harus rela bersabar menunggu pekerjaan ayahnya hingga selesai. Bersama keluarganya akhirnya memutuskan hijrah dari negri pitza italy ke negri paman sam Amerika Serikat ketika dirinya masih berumur 12 tahun.

Rocco Coomiso Muda

Setelah hijrah ke negri paman sam, Rocco mengalami masalah dalam komunikasi dikarenakan memang sama sekali tidak menguasai bahasa inggris. Akan tetapi, kota New York memberi ia keberuntungan yang bagus. Rocco melihat ada sebuah kompetisi bakat di kota tersebut.

Rocco yang masih muda tidak berfikir panjang langsung mendaftar sebagai pemain akordeon solo dan akhirnya dapat menjuarai kompetisi bakat yang ia ikuti. Setelah bakatnya di uji di medan kompetisi, bakatnya mampu membuat terkagum manajer Wakefield. Karena kagum dengan bakat Rocco manajer akhirnya menulis surat ke sebuah sekolah katolik lokal agar mau menerima Rocco menjadi salah satu murid di sekolah tersebut.

"Saya menjadi satu-satunya anak yang berhasil masuk ke sekolah tersebut tanpa tes," kisahnya.

Walaupun demikian, Rocco Commisso masih mencari pekerjaan sampingan selama 40 jam/minggu untuk membayar kekuranga biaya ketika ia di sekolah.

Keberuntungan baik lagi-lagi berpihak kepadanya saat hendak mendaftar kuliah. Guru olahraganya memanggil pelatih sepakbola Columbia University dan mengatakan dia memiliki murid yang sangat menjanjikan.

Hanya dalam waktu sebulan, Commisso yang bahkan tak pernah bermain sepakbola di sekolah mendapatkan beasiswa penuh di kampus ternama itu. Pada 1972, dia bahkan diundang untuk mengikuti uji masuk tim sepakbola AS di ajang olimpiade.

Dia lantas mengambil sekolah bisnis guna memenuhi keinginannya mengubah hidup menjadi lebih baik secara finansial. Commisso lulus sebagai salah satu lulusan terbaik dan mendapatkan penghargaan dari kampusnya.

Pengusaha Sukses Rocco Commiso

Kisah kariernya dari nol hingga jadi pengusaha sukses

Ketika waktu itu Rocco berencana bekerja di industri perbankan dan investasi. Namun sayangnya tidak ada sama sekali tawaran ataupun peluang bisnis yang datang saat itu.

"Ada diskriminasi waktu itu. Saya tak pernah lupa teman saya mengatakan, `Rocco, kamu tahu apa masalahnya? Itu lantaran kamu yahudi. Belum ada orang Italia yang mendarat di Wall Street`," kenangnya.

Pria pantang menyerah ini lantas mendaratkan pekerjaan pertamanya di Chase Manhattan Bank. Lantas ia pindah ke Royal Bank of Canada. Tak lama berkarir di dunia perbankan, pria berusia 68 tahun ini beralih industri dan bekerja sebagai CFO di Cablevision Industries yang kemudian diakuisisi Time Warner pada 1995.

Setelah bekerja selama sembilan tahun di perusahaan tersebut, Rocco Commisso lkemudian berusaha untuk mendirikan sebuah perusahaan sendiri, Mediacom. Saat itu, industri perkabelan sedang sangat rentan lantaran banyak regulasi baru yang meningkatkan persaingan antar pengusaha.

Namun dengan usaha kerasnya, Rocco Commisso berhasil mengatasi semua masalah yang ia hadapi di awal karirnya tersebut. Seiring bergantinya tahun perusahaan yang ia kelola terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Hingga saat ini adalah tahun kedua Rocco Commisso menembus masuk dalam daftar orang terkaya dunia dengan berada di peringkat urutan 499 menurut majalah forbes.

Demikian cerita sukses pengusaha yang awalnya hidup sebagai seorang miskin yang serba kekurangan, namun ia mampu meraih kesuksesan dan menjadi salah satu daftar orang terkaya dunia. Semoga cerita ini dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca. Jangan lupa share agar bermanfaat bagi pembaca lainya.
Buka KomentarTutup Komentar