LIKE FANSPAGE KAMI

Tips Membuka Usaha Air Minum Isi Ulang Bagi Pemula

Baca Juga

Cara Membuka Usaha Air Isi Ulang Galon - Air minum sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat tak terkecuali di indonesia. Dahulu air minum lebih didominasi oleh perusahaan asing Aqua. Sehingga tidak heran apapun jenis air minumnya jika sudah masuk kemasan masyarakat menyebutnya air Aqua.

Seiring berkembangnya zaman mulai muncul perusahaan lokal yang turut meramaikan usaha air minum baik model kemasan maupun isi ulang. Hal tersebut di pengaruhi oleh polah pikir masyarakat yang semakin maju. Selain itu juga usaha isi ulang kemasan termasuk usaha yang cukup menjanjikan.

7 Alasan Mengapa Usaha Air Minum Isi Ulang (Galon) Cukup Menjanjikan

Omset yang yang didapatkan dari usaha air minum bisa mencapai puluhan juta perbulan. Tergantung kejelian bagaimana Anda menjalankanya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa usaha air minum isi ulang patut Anda jalankan.

  1. Memasak air minum membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat ini kayu bakar semakin sulit untuk didapatkan dan harga bahan bakar gas mengalami kenaikan dan cendrung tidak stabil. Sehingga air minum isi ulang galon dinilai lebih efektif daripada harus memasak air sendiri.
  2. Air minum merupakan kebutuhan pokok. Oleh karena itu bisnis air minum merupakan usaha yang cukup stabil.
  3. Air PAM yang dinilai tidak layak minum terutama yang tinggal di area perumahan, sehingga banyak yang memilih air isi ulang galon untuk kebutuhan air minum.
  4. Lebih mudah dan efisien menghemat waktu dan tenaga daripada harus memasak air sendiri. Terutama bagi keluarga yang sibuk tidak sempat memasak air.
  5. Saat ini mulai bermunculan berbagai instansi seperti sekolah, perkantoran, universitas dan pabrik. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang tinggal di area tersebut untuk memulai usaha isi ulang air minum.
  6. Modal untuk memulai usaha isi ulang air minum cepat kembali
  7. Bahan baku air mudah didapatkan dan memiliki harga lebih murah jika dibanding bahan pokok lainya.
Selain tujuh alasan diatas, masih banyak alasan lain mengapa usaha air minum merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan.



Tips Memulai Usaha Air Minum Isi Ulang Galon

Bagi Anda yang serius ingin menjalankan usaha isi ulang air minum galon, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

1. Mencari Agen Air Minum Isi Ulang (Depo Air Minum Isi Ulang) Berkualitas

Ketika Anda mencari depo air minum isi ulang, akan banyak Anda temukan depo penyedia yang menawarkan paket usaha air minum isi ulang. Mulai yang murah hingga yang paling tinggi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah mencari tahu depo air minum isi ulang yang berkualitas dan terpercaya dengan cara survei ke beberapa penjual air minum isi ulang.

Paket harga tinggi tidak menjadi jaminan memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu dengan cara melakukan survei kebeberapa penjual air minum isi ulang adalah cara yang tepat. Lakukan perbandingan mana yang memiliki kualitas terbaik, bahkan jika penjual mau bersahabat tidak ada salahnya untuk bertanya secara langsung.

2. Mengurus Surat Ijin Dinas Kesehatan

Agar usaha air minum isi ulang yang Anda jalankan dipercaya oleh masyarakat, mengurus surat ijin dari dinas kesehatan adalah sebuah kewajiban. Apalagi air minum adalah kebutuhan pokok masyarakat, tentunya air yang akan dijual benar-benar air yang layak untuk dikonsumsi yang mendapatkan rekomendasi dari dinas kesehatan.

Untuk mengurus ijin dinas kesehatan bagi para pelaku UKM sama sekali tidak dipungut biaya. Namun, bagi Anda yang tidak mau repot mengurus surat ijin dinas kesehatan, biasanya depo penyedia isi ulang air minum menyediakan pengurusan beserta paket yang ditawarkan.

3. Survei Lokasi Usaha

Lokasi usaha air minum isi ulang sangat berpengaruh terhadap omset yang akan Anda dapatkan. Beberapa lokasi spot untuk membuka usaha isi ulang air minum diantaranya adalah area kampus, area kos-kosan, area pabrik, area perumahan.

Semakin rame lokasi penduduk maka semakin besar pula calon konsumen yang membutuhkan isi ulang air minum. Maka, untuk mendapatkan omset yang tinggi carilah tempat yang padat penduduk atau tempat dimana banyak orang bermukim.

4. Siap Pesan Antar

Mungkin bagi Anda yang belum memiliki pesaing di lokasi jualan untuk metode pesan antar tentu tidak terlalu penting. Namun, bagi Anda yang lokasi jualan isi ulang air minum terdapat beberapa pesaing, menggunakan metode pesan antar memiliki nilai plus tersendiri di mata konsumen mengingat air minum isi ulang galon memiliki bobot yang cukup berat.

5. Menjaga Kebersihan

Selalu kontrol mesin depo isi ulang air minum milik Anda. Jangan biarkan FRP berlumut karena dapat mempengaruhi kejernihan air. Kontrol secara berkala terutama rasa dari air minum isi ulang itu sendiri. Jika perlu, Anda juga ikut mengkonsumsi air minum isi ulang milik Anda. Dengan begitu Anda akan mengetahui jika rasa air mengalami perubahan atau tidak.

6. Promo dan Hadiah

Berikanlah promo kepada para pembeli dengan cara kupon pembelian. Contoh: setiap pembelian akan mendapatkan 1 kupon. 10 kupon bisa ditukarkan dengan 1 kali isi ulang air minum secara gratis. Kemudian 50 kupon akan berhak mendapatkan sebuah hadiah seperti gelas, piring, teko dan lain sebagainya.

Dengan cara promo dan pemberian hadiah yang sederhana, pelanggan akan merasa antusias untuk membeli air minum isi ulang ditempat Anda.

7. Rekrut Karyawan

Jika Anda merasa kewalahan untuk mengatasi sendiri para pembeli. Jangan sampai pembeli merasa kecewa karena menunggu isi ulang air minum yang tak kunjugn dikirim. Apalagi bagi yang menggunakan layanan pesan antar hendaknya air minum segera di kirimkan karena segera dibutuhkan oleh pembeli. Jangan sampai pelanggan menunggu terlalu lama sehingga merasa kecewa karena pelayanan yang buruk.

Demikian beberapa tips mengenai usaha air minum isi ulang bagi pemula. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak memulai usaha isi ulang air minum. Jika Anda memiliki beberapa tips lainya. Silahkan tinggalkan komentar dibawah. 
Buka KomentarTutup Komentar