7+ Tips Jualan Jus Buah Agar Laris Manis Diserbu Pembeli

Cara Jualan Jus Buah Agar Laris - Menjalankan usaha minuman es di indonesia memang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, hampir sebagian besar jenis minuman es memiliki banyak peminat baik anak-anak, remaja hingga dewasa.

Indonesia adalah negara yang dilewati oleh garis katulistiwa, sehingga tidak heran jika cuaca di indonesia terkadang sangat panas. Dengan kondisi geografis tersebut, berjualan usaha minuman es merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi Anda pelaku UMKM yang terjun dalam bisnis kuliner minuman.

Salah satu contoh minuman es yang banyak digemari dan memiliki tingkat penjualan stabil di pasaran adalah olahan minuman yang terbuat dari buah-buahan seperti es buah, jus buah dan sup buah. Hampir disetiap lokasi seperti perempatan jalan, pasar dan minimarket dapat kita temui beberapa penjual aneka minuman es buah.

Kali ini Artikel Usaha akan memberikan tips jualan es berbahan dasar buah-buahan agar disukai oleh para pembeli. Memang benar es buah dan sejenisnya bisa dikatakan minuman yang stabil dipasaran, namun ada juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan dalam berjualan es buah di pinggir jalan.



Tips Jualan Es Buah, Sup Buah dan Jus Buah Di pinggir Jalan

Berikut ini adalah tips berjualan minunaman es buah agar laris manis disukai pembeli.

1. Gunakan Buah yang Masih Segar

Es berbahan dasar buah yang akan dijual hendaknya terbuat dari buah-buahan yang masih segar dan layak untuk dijadikan bahan baku minuman. Buah yang masih fresh memiliki rasa yang nikmat dan segar. Berbeda dengan buah yang sudah layu, rasa es buah akan terasa aneh dan kurang begitu nikmat.

Rasa es buah yang dijual adalah penentu utama laris atau tidaknya minumas es buah yang hendak akan Anda jual. Oleh karena itu, pastikan minuman es buah yang Anda jual memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dikonsumsi.

3. Jangan Gunakan Sarimanis

Sarimanis sering digunakan untuk campuran bahan makanan maupun minuman. Sarimanis bertujuan agar bahan makanan atau minuman memiliki rasa manis tanpa harus menambahkan banyak gula. Sayangnya, sarimanis memiliki rasa yang kurang nikmat dibandingkan dengan rasa manis dari gula asli itu sendiri.

Beberapa penjual minuman es agar dapat menghemat pengeluaran menggunakan sarimanis untuk minuman es yang mereka jual. Selain rasa yang kurang nikmat, sarimanis juga berbahaya untuk kesehatan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa para konsumen enggan untuk membeli es yang dijual menggunakan sarimanis.

4. Takaran Gula yang Pas

Pastikan ketika Anda berjualan minuman es buah, gula yang Anda campurkan memiliki takaran yang pas atau sesuai. Takaran gula yang terlalu banyak akan menjadikan es memiliki rasa terlalu manis begitu juga takaran gula yang kurang akan menyebabkan minuman es buah terasa hambar.

Sebelum Anda berjualan minuman es buah, tidak ada salahnya jika melakukan sempel atau tester terlebih dahulu ukuran standar gula yang akan dicampurkan ke dalam minuman. Jangan sampai Anda dibilang pelit karena rasa es yang kurang manis begitu juga rasa terlalu manis menyebabkan pelanggan kapok membeli minuman es buah di tempat Anda.

5. Grobak atau Stand Tempat Jualan Terlihat Bersih 

Dalam usaha kuliner apapun, kebersihan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Kebersihan menjadi nilai plus dimata konsumen, terutama bagi Anda yang berjualan minuman es buah. Jangan sampai air maupun sampah berceceran yang dapat menyebabkan tempat jualan Anda menjadi kumuh dan kotor.

6. Lokasi Jualan yang Tepat

Carilah lokasi jualan yang tepat dan sesuai. Lokasi jualan minuman es buah yang cocok  diantaranya adalah sekolahan, universitas, minimarket, perempatan jalan, event-event tertentu di stadiun/lapangan, area pasar dan area lainya yang ramai pengunjung. (Baca Juga: Cara Tepat Mencari dan Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis)

7. Harga Terjangkau

Harga minuman es buah yang ditawarkan hendaknya cukup terjangkau di kantong masyarakat secara umum. Apalagi jika lokasi jualan Anda di pinggir jalan. Meskipun memiliki harga terjangkau, soal rasa tidak boleh kalah dengan minuman es buah yang dijual di cafe mapun resto.

8. Desain Tempat Jualan Es Buah Dengan Model Unik

Cara ini tidaklah wajib, namun dengan mendesain tempat jualan semenarik dan seunik mungkin, tidak menutup kemungkinan akan menarik perhatian orang-orang yang lewat disekitar lokasi tempat Anda jualan. Dengan begitu pembeli yang datang ke tempat Anda akan bertambah.

9. Selalu Gunakan 3S (Senyum Salam Sapa)

Murah senyum, salam dan sapa adalah hal wajib bagi para penjual yang ingin dagangannya laris manis. Senikmat apapun minuman yang dijual namun pelayanannya buruk, muka penjual yang sinis dan cemberut mengakibatkan pembeli yang datang merasa kapok untuk membeli lagi dagangan Anda.

10. Kupon Gratis

Trik kupon gratis adalah metode lama yang banyak digunakan oleh para penjual agar para pembeli yang pernah membeli untuk datang kembali. Meskipun metode lama, kupon gratis dinilai masih efektif untuk menarik pelanggan/konsumen.

Misalkan jika membeli 1 minuman es buah akan mendapatkan 1 kupon gratis. Jika terkumpul 10 kupon gratis maka konsumen berhak mendapatkan 1 minuman es buah secara gratis.

Bagaimana, tertarik untuk mempraktekkan tips jualan minuman es buah diatas ? jika Anda penasaran, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Demikian ulasan mengenai cara agar jualan jus buah laris manis. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak memulai usaha minuman es buah. Terimakasih atas kunjunganya !
Buka KomentarTutup Komentar