5 Situs Untuk Jualan Online Paling Populer di Indonesia

Tempat Jual Beli Terpercaya - Belanja online dinilai lebih praktis, mudah dan efisien. Pembeli tidak harus keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Seiring dengan berkembangya teknologi, saat ini pola hidup masyarakat mulai berubah. Hampir sebagian besar masyarakat mengandalkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, mulai dari komunikasi, bisnis hingga belanja online.

Bisnis online di indonesia juga mulai menjamur, terutama dibidang e-commerce atau jual beli online. Beberapa mall dan minimarket yang tidak kuat dengan gempuran e-commerce mulai banyak yang tumbang, namun ada pula yang beralih ke bisnis online.

Dengan adanya perubahan siklus tersebut, tentunya menjadi angin segar bagi para pelaku umkm untuk memasarkan produk usaha melalui media internet. Beberapa media internet yang yang bisa dijadikan tempat berjualan gratis dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis.

1. Media Sosial
2. Media Blog
3. Marketplace

Namun dari ketiga media internet diatas yang akan kita bahas adalah jualan melalui media marketplace atau disebut juga tempat jual beli online. Beberapa marketplace toko online memerlukan seleksi dan persyaratan yang cukup rumit untuk dapat berjualan di toko jual beli online tersebut.



Daftar Onlineshop Marketplace Indonesia Paling Populer dan Terpercaya

Ditempat jual beli online seperti marketplace, selain dapat digunakan untuk belanja online juga dapat digunakan untuk media jualan. Berikut, beberapa marketplace populer indonesia yang bisa digunakan untuk jual beli secara bebas tanpa harus review atau seleksi bagi para penjual.

1. Tokopedia

Tokopedia.com adalah situs e-commerce yang mengusung sistem marketplace dan bisa digunakan bagi siapa saja baik penjual maupun pembeli secara gratis. Anda bisa memulai berjualan di tokopedia dengan mudah tanpa syarat mulai dari bisnis online pakaian, gadget, produk UMKM, peralatan rumah tangga dan berbagai produk lainya.

Tokopedia juga gencar melakukan promosi melalui iklan facebook, google hingga televisi. Tidak heran jika tokopedia memiliki banyak pengunjung karena sebagian besar masyarakat indonesia sudah terbranding oleh iklan tokopedia.

2. Bukalapak

Bukalapak.com menjadi pesaing ketat tokopedia karena memiliki sistem e-commerce yang sama yaitu mengusung marketplace atau tempat jual beli online yang bisa digunakan bagi siapapun. Hampir semua produk yang ada di tokopedia juga ada di bukalapak.com

Bukalapak bisa digunakan secara gratis, di bukalapak juga tersedia fitur-fitur menarik seperti estimasi biaya pengiriman melalui jasa kurir nasional yang memudahkan para calon pembeli untuk mengkalkulasi biaya ongkir yang akan ditanggung.

3. Olx

Olx.co.id adalah situs jual beli oline yang terkenal dengan jual beli barang bekas. Jual beli barang bekas atau seken melalui olx dinilai lebih cepat dibanding melalui e-commerce lainya. Olx lebih mengedepankan jual beli satau area/lokasi yang COD (Cash On Delivery) atau toko online bayar ditempat.

Beberapa produk paling laris yang diperjual belikan di situs olx sperti motor, mobil, dan perlatan elektronik rumah tangga (TV, Mesin Cuci, Kulkas dll)

4. Kaskus

Kaskus.co.id merupakan situs yang lebih mengarah ke situs forum sebuah komunitas. Kaskus juga sering digunakan oleh para kaskuser (sebutan pengguna kaskus) untuk melakukan transaksi jual beli barang maupun jasa.

Tidak heran di kaskus sendiri terdapat forum/Thread khusus jual beli. Jualan di kaskus sangat cocok untuk Anda yang gemar diskusi. Semakin aktif di kaskus maka Anda akan semakin dikenal oleh para kaskuser lainya sehingga bisa menjadi peluang yang cukup baik untuk berjualan di kaskus.

5. Jualo

Jualo.com bisa dibilang pemain lama dalam dunia marketplace, jualo juga bebas digunakan bagi siapapun baik penjual maupun pembeli. Syarat untuk menjadi penjual terverifikasi di jualo cukup hanya scan KTP/PASPOR serta rekening Bank/NPWP/Buku Nikah/Kartu Keluarga/Tagihan Telepon/Tagihan PLN, pada kolom yang telah ditentukan dengan ukuran file maksimal 2 MB.

Cara verifikasi di jualo tersebut lebih mudah daripada harus melalui seleksi atau review terlebih dahulu seperti di beberapa e-commerce lainnya.

Beberapa marketplace diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda tertarik untuk berjualan melalui marketplace diatas, tidak ada salahnya untuk menjelajahi semuanya satu persatu. (Baca Juga:  Tips Jualan Online: Copywriting Cara Meyakinkan Calon Konsumen)

Demikian informasi mengenai tempat jual beli online gratis terpercaya indonesia. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin belanja maupun menjual barang secara online.
Buka KomentarTutup Komentar