Cara Sukses Usaha Telur Asin Modal Kecil Bagi Pemula

Bagikan Ke:

Cara Sukses Usaha Telur Asin - Telur asin banyak di produksi di kota brebes jawa tengah. Kualitas dan rasa produksi telur asin khas kota brebes memang tidak perlu di ragukan lagi. Selain sebagi kota penghasil bawang kota brebes juga memiliki kualitas telur asin yang terkenal enak dan lezat. Untuk anda yang ingin merasakan telur asin tidak harus pergi ke kota brebes anda pun bisa membuat dan memulai usaha rumahan telur asin sendiri.

Usaha telur asin merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan cukup stabil di pasaran. Telur asin menjadi makanan favorit bagi semua kalangan baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Rasanya yang asin dan masir merupakan ciri khas telur asin yang berkualitas yang banyak di cari oleh para konsumen.

Telur asin banyak dijual di berbagai tempat seperti warung makan, restoran, dan mini market. Selain di jual di beberapa tempat, telur asin sering digunakan sebai pelengkap lauk-pauk kotak nasi saat acara khajatan atau sering digunakan untuk acara prasmanan.

Telur Asin Masir

Telur asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga cocok untuk asupan gizi tubuh terutama pada usia anak-anak yang sedang mengalami proses tumbuh kembang. Selain di konsumsi secara langsung telur asin juga cocok untuk di jadikan lauk pauk.

Untuk anda bagi pemula yang ingin menjalankan usaha telur asin merupakan langkah yang tepat karena bisnis yang satu ini memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi dan stabil di pasaran. Kesuksesan usaha telur asin itu sendiri tak lepas dari ketekunan dan keuletan dalam mengolah serta memasarkan telur asin.

Tips Sukses Usaha Telur Asin Bagi Pemula

Bagi anda yang baru memulai usaha telur asin namun terkendala oleh modal anda bisa memulainya dengan modal kecil bersekala rumahan atau home industri. Usaha telur asin sekala kecil bisa anda kerjakan sendiri bersama anggota keluarga maupun tetangga sekitar.

Memang tidak mudah dalam memulai sebuah usaha namun yang terpenting dalam memulai usaha telur asin adalah konsisten dan sabar sehingga telur asin hasil produksi anda di kenal banyak orang. Berikut tips sukses untuk memulai usaha telur asin.

#Proses Produksi Telur Asin

Pemilihan Telur: Untuk memproduksi telur asin yang berkualitas sebelum memulai proses pengasinan yang harus diperhatikan dalam memilih telur yang baik adalah sebagai berikut.
  • Sortir telur bebek yang berkualitas dari segi ukuran maupun kondisi fisik telur
  • Pastikan telur tidak berbau, telur yang busuk biasanya memiliki bau yang tidak enak
  • Cangkang Telur Tidak Pecah/Retak
Tips: "Cara mudah untuk mengetahui kualitas telur adalah merendam telur di dalam ember berisi air. Jika telur tenggelam maka telur layak untuk di jadikan telur asin maupun layak untuk di konsumsi..."

Pengasinan Telur: Telur asin yang sudah di sortir dan di bersihkan kotoranya, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut.
  • Lumuri telur di semua permukaan secara merata dengan adonan yang telah di buat
  • Tebal lumuran batu bata sekitar 1 mm, jika ingin cepat matang bisa di tambahkan lumuran hingga 1 cm.
  • Jika ingin lebih asin bisa di tambahkan garam lebih banyak
  • Tempatkan telur dalam sebuah box atau ember, jika telur di tumpuk maka setiap tumpukan usahakan di lapisi koran.
  • Simpan dan biarkan hingga 2 minggu lamanya atau yang ingin lebih matang biarkan hingga sampai 3 minggu. 
Setelah dua minggu lamanya bersihkan telur dari lapisan tanah liat. Untuk memasak telur dalam jumlah banyak biasanya langsung di kukus. Untuk rasa telur asin agar lebih nikmat telur asin yang sudah di asinkan bisa dan di kukus di bakar menggunakan arang untuk mendapatkan aroma rasa yang nikmat.

#Pemasaran Telur Asin 

Setelah anda berhasil mempraktekan cara membuat telur asin. Tugas selanjutnya yaitu pemasaran. Untuk pemasaran telur asin sendiri agar laris manis di pasaran adalah sebagai berikut.
  • Tawarkan kerja sama dengan pihak catering, rumah makan, dan toko kuliner lainya.
  • Selama masa-masa perkenalan berilah harga murah namun tetap menjamin kualitas dan mutu
  • Agar terlihat profesional dan berkualitas berilah stempel yang jelas usaha telur asin yang anda kelola pada cangkang telur yang siap jual
  • Jangan lupa cantumkan nomor HP pada setempel telur asin
  • Agar pelanggan tidak kecewa , jagalah kualitas rasa dan kemasiran agar pelanggan tidak kecewa 
Demikian artikel mengenai cara sukses usaha telur asin dengan modal kecil bagi pemula. Semoga bermanfaat untuk anda ingin memulai usaha telur asin.

    Bagikan Ke:

    Usaha Kuliner

    Usaha Modal Kecil

    Usaha Rumahan

    Tulis Komentar: