10 Tips Sukses Membuka Usaha Toko Furniture

Tips Sukses Usaha Toko Mebel  -  Mebel atau furniture merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting di dalam sebuah rumah. Perabot mebel meliputi berbagai kebutuhan ruang rumah seperti meja makan, set kamar tidur, kitchen set, kursi tamu dan beberapa perabot mebel lainya. Oleh karena itu usaha toko mebel merupakan peluang yang cukup menjanjikan.

Usaha mebel bisa di katakan usaha yang cukup stabil untuk jangka panjang mengingat dari data statistik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 40.000 lebih rumah di bangun setiap tahunya.Tentunya dengan hadirnya rumah baru di butuhkan perabotan mebel untuk mengisi rumah-rumah yang baru di bangun.

Beberapa mebel memiliki berbagai bahan dasar seperti mebel jati, playwood, dan partikel board. Untuk jenis mebel mewah maupun minimalis kayu biasanya terbuat dari kayu jati, kayu meh/suar/trembesi. Untuk bahan playwood atau di kenal dengan triplek biasanya di gunakan untuk desain interior minimalis seperti kichen set. Sedangkan bahan partikel board bisanya di gunakan untuk perabot mebel merek olympic yang di jual dengan harga murah.

 

10 Cara Sukses Jualan Furniture


Cara untuk sukses dalam memulai bisnis furniture sebenarnya sanga tsimpel. Untuk bisa suskses dalam bisnis mebel anda bisa simak kiat-kiat berikut ini.

1. Memahami Betul Tentang Mebel/Furniture 

Sebelum membeli mebel biasanya calon customer bertanya-tanya tentang furniture yang akan di beli. Hal-hal yang biasanya di tanyakan adalah harga, bahan baku, model dan ukuran. Sehingga wajib untuk anda mengetahui detail barang-barang mebel yang anda jual. Jangan sampai para calon customer kabur karena anda tidak bisa menjawab pertanyaan yang mereka ajukan.

2. Diskon / Spesial Harga

Salah satu cara ampuh yang sering di gunakan oleh para pedagang untuk memikat daya beli calon konsumen adalah dengan memberi diskon atau harga spesial. Dengan diskon dan harga spesial calon konsumen merasa diuntungkan sehingga minat untuk membeli produk mebel yang anda jual akan meningkat.

3. Membuat Toko Online Mebel Profesional

Saat ini era teknologi terus mengalami kemajuan bagi para pengusaha yang cerdas akan mampu melihat peluang pemasaran melalui media internet. Salah satunya adalah dengan menjual mebel secara online. Membuat toko online mebel sebenarnya sangat mudah. Jika dulu untuk membuat sebuah toko online atau website di perlukan keahlian progamer berbeda dengan era sekarang, toko online bisa di buat dalam sekejap dengan sekali install.

4. Gratis Ongkos Kirim

Ketika anda mendengar kata gratis, apa yang ada di benak anda ? salah satu cara untuk menarik minat pelanggan banyak para pedangang mebel yang memberikan layanan gratis ongkos kirim untuk para pembeli yang telah belanja di toko mebel yang mereka kelola. Kata-kata gratis mampu memberikan perasaan senang sehingga meningkatkan dopamin yang ada dalam otak yang mampu memikat ketertarikan para konsumen untuk belanja mebel di toko mebel tersebut.

5. Kualitas Mebel

Kualitas mebel berpengaruh terhadap kesuksesan usaha toko mebel anda kedepan. Jika perabot mebel yang anda jual memiliki kualitas yang baik maka tidak menutup kemungkinan konsumen yang pernah membeli mebel di tempat anda akan kembali berbelanja mebel kepada anda lagi.

6. Garansi Barang

Terkadang beberapa toko mebel tidak memberikan garansi sehingga menjadikan calon konsumen takut untuk membeli produk mebel yang anda jual. Mebel yang di beli baru beberapa bulan sudah patah dan rusak tanpa adanya garansi menjadikan pelanggan kecewa dan tentunya akan mengurangi kepercayaan para calon konsumen lainya yang hendak membeli mebel di toko anda..

7. Harga Lebih Miring di Banding Toko Lain

Jika lokasi jualan furniture anda memiliki persaingan yang cukup ketat maka tidak ada cara lain untuk memberikan harga termurah. Meskipun keuntungan yang anda dapatkan terbilang kecil akan tetapi dengan menjual murah toko anda akan lebih di kenal banyak orang sehingga dengan banyaknya calon konsumen mampu meningkatkan konversi penjualan toko mebel anda.

8. Stock Barang Lengkap

Stok barang yang banyak dan beraneka ragam menjadikan calon konsumen tertarik untuk mengunjungi toko mebel yang anda miliki. Jika anda memiliki banyak modal anda bisa mengisi toko mebel yang anda kelola seihingga toko mebel anda terkenal lengkap dalam menyediakan berbagai kebutuhan perabot mebel.

9. Menampung Setiap Keluhan

Menampung segala keluhan para konsumen adalah cara untuk mencari tahu kekurangan toko mebel yang sedang anda kelola. Dengan adanya keluhan mapun komplain dari para konsumen anda bisa belajar untuk memperbaiki sisi-sisi kekurangan yang ada pada usaha mebel anda

10. Promosi Secara Kontinyu

Promosi atau pemasaran merupakan denyut nadi usaha toko mebel anda. Tanpa adanya promosi tingkat konversi penjualan akan stagnan atau tidak ada perkembangan. Apa lagi jika toko mebel yang anda kelola baru berjalan tentunya butuh promosi untuk memperkenalkan toko mebel anda kepada masyarakat. Media promosi bisa bermacam-macam seperti radio TV, Koran, internet, pamflet dan beberapa media lainya.
Buka KomentarTutup Komentar