Terbaru: 5 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

Bagikan Ke:

Pinjaman Modal Usaha - Syarat mendapatkan modal usaha untuk pengembangan usaha bisa bermacam-macam cara dan syaratnya tergantung mana yang bisa anda jalankan. Untuk memilih sumber permodalan baik itu dari bank maupun koperasi atau sumber lainya harus kita sesuaikan dengan resiko maupun profit usaha yang kita miliki.

Jika usaha yang anda jalankan di rasa memiliki prospek jelas dengan keuntungan stabil dan signifikan sedangkan di sisi lain butuh modal untuk pengembangan usaha, tidak ada salahnya untuk mulai mencari modal usaha sesuai dengan ikhtiar yang bisa anda jalankan.

Contoh kecil usaha "Amin"

Amin adalah seorang pelaku Usaha Kecil Menengan (UKM) yang memproduksi jaket, celana dan berbagai fashion pria lainya. Karena amin selalu mengikuti perubahan trend busana, amin selalu mencoba membuat sendiri produk tersebut dengan desain sesuai trend saat itu. 


Karena harga busana pria yang di jual oleh merek-merek tertentu memiliki harga selangit, Amin menjual busana hasil produksinya tersebut dengan harga yang relatif murah di bandingkan harga merek terkenal tersebut. Walaupun di jual dengan harga lebih murah, untuk kualitas Amin selalu memberikan kualitas terbaik, alhasil busana buatan amin mulai dilirik pasar.

Saat itu amin mencoba membuat jaket bomber KW namun tak di sangka jaket tersebut menjadi booming setelah jaket model tersebut di pakai oleh presiden jokowi. Permintaan akan jaket bomber naik tajam. Sayangya Amin kewalahan hanya memiliki satu karyawan dan dirinya sendiri sebagai tenaga oprasional.

Dari kronologi cerita amin diatas adalah titik dimana seorang pengusaha UKM harus memulai peminjaman modal untuk melakukan pengembangan usaha. Sumber permodalan akan lebih mudah di dapatkan karena para investor (pemodal)  yakin dengan profit yang lebih jelas yang akan di dapatkan oleh Amin.

Berbeda dengan usaha yang masih ragu-ragu untung ruginya, selain itu aset yang dimiliki sebagai jaminan modal pinjaman juga tidak seberapa, maka para pemodal akan berfikir 2 kali sebelum menggelontorkan modal kepada peminjam modal.

Lantas dimanakah kita bisa meminjam uang untuk modal usaha ?  beberapa sumber yang bisa anda jadikan sebagai sumber permodalan adalah sebagai berikut :

1. Bank Pelaksana KUR

Saat ini pemerintah telah memprogamkan peminjaman modal bagi para pelaku UKM meliputi perdagangan, pertanian, perikanan dan indrustri kecil rumahan. Program tersebut disebut KUR (Kredit Usaha Rakyat). Pemerintah menunjuk 33 Bank nasional sebagai pelaksana KUR. Dengan program tersebut bunga yang diambil cendrung lebih ringan sehingga memudahkan para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya.

2. Usaha Gabungan (Joint Venture)

Beberapa pilihan lain mencari pinjaman modal adalah dengan cara joint venture. Apa sih yang di maksud dengan joint venture ? JV adalah kerja sama antara kedua belah pihak yakni pemodal dan pelaksana modal. Hasil atau profit dari JV pun di sepakati berdua berapa prosentase yang akan di dapatkan oleh pemodal dan berapa prosentase untuk pelaksana.

Agar JV berjalan dengan baik dan agar tidak timbul masalah di kemudian hari alangkah baiknya terdapat surat perjanjian bermatrai yang memiliki kekuatan hukum sebagai ikatan perjanjian kerja.

3. Meminjam Saudara atau Teman

Jika anda memiliki saudara atau teman yang dekat dengan anda dan memiliki kelebihan harta, tidak ada salahnya meminjam modal kepada mereka. Caranya yaitu dengan menceritakan apa yang menjadi permasalahan anda dalam menggeluti dunia wirausaha. Jangan lupa ceritakan profit yang di dapatkan dan alasan kenapa saudara atau teman dekat anda harus percaya kepada anda untuk sudi meminjamkan modal.

4. Permodalan dari KSP (Koperasi Simpan Pinjam)

Untuk mendapatkan modal dari KSP juga tidak mudah, biasanya untuk pembiayaan modal besar, KSP meminta jaminan kepada peminjam. Metode yang di laksanakan di tiap KSP juga berbeda-beda tergantung berapa banyak modal yang akan anda pinjam. Untuk itu carilah KSP yang memiliki bunga kecil serta persyaratan yang mudah sehingga tidak memberatkan para pelaku UKM. 

5. Pegadaian

Sumber permodalan dari pegadaian biasanya relatif lebih kecil namun biasanya pinjaman modal atau uang dari barang yang di gadaikan tidak sepadan dengan harga barang tersebut. Misalkan emas yang harganya mencapai 2 juta jika di gadaikan hanya senilai 1,5 juta. Meskipun modal yang di dapat jauh lebih kecil namun untuk bunga pinjaman dari pegadaian relatif lebih kecil. Yang harus di perhatikan adalah jatuh TEMPO pengambilan, jika anda lupa maka barang milik anda akan di LELANG oleh pegadaian.


Demikian ulasan mengenai Tips Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha. Semoga artikel tentang bagaimana mendapatkan modal untuk usaha ini bermanfaat untuk anda para pelaku UKM dalam mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis maupun pengembangan bisnis.

Bagikan Ke:

Tips Usaha

Tulis Komentar: