LIKE FANSPAGE KAMI

Kisah Sukses Sandiaga Salahuddin Uno Wakil Gubernur DKI

Baca Juga

Kisah Sukses Sandiaga Uno - Sandiaga Uno merupakan pengusaha sukses yang juga memiliki latar pendidikan tinggi. Lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau tanggal 28 Juni 1969. Putra dari Sandiaga Kosastra. Sandiaga Uno kerap diundang menjadi pembicara dalam seminar kewirausahaan karena dianggap contoh sosok yang sukses dibidang akademisi maupun bisnis.

Sandiaga Uno merupakan pemuda yang cerdas dalam bidang akademisi. Setelah lulus dari Wichita State University, Kansas, Amerika dengan predikat nilai Cumlaude, Sandiaga mengawali karir usahanya di Bank Summa milik William Soeryadjaya pendiri PT. Astra Internasional pada tahun 1990.

Setahun setelah bekerja di perusahaan, Sandiaga Uno mendapatkan beasiswa karena loyalitas dan pekerjaanya yang bagus untuk melanjutkan studi di George Washington University, USA. Merasa memiliki tanggung jawab yang besar Sandiaga Uno belajar dengan sungguh-sungguh dan kembali meraih peringkat nilai cumlaude denga IPK 4.00. Sungguh pencapaian yang luar biasa.

Sandiaga Uno Pic. By metrotvnews.com


Tahun 1993, Sandiaga Uno meneruskan karirnya untuk bekerja di perusahaan Seapower Asia Investment Limited, Singapura, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Investasi. Pada saat itu Sandiaga Uno menjabat sebagai Manager Investasi.

Tahun 1995, tepatnya setelah dua tahun kemudian. Sandiaga Uno kembali melanglang buana mencari ilmu dan pengalaman untuk bekal dimasa depan, ia bekerja di negara Kanada di sebuah perusahaan yang bernama NTI Resources Ltd. Menjabat sebagai Executive Vice Presiden.

Pada tahun 1997, krisis moneter meluas dan berdampak pada ambruknya perusahaan dimana Sandiaga Uno Bekerja. Hal tersebut menyebabkan badai PHK besar-besaran baik karyawan bawah maupun jajaran menejer. Termasuk juga Sandiaga Uno.

Awal Menjadi Pebisnis Karena Kecelakaan

 

Karena keadaan yang tidak menentu Sandiaga Uno akhirnya kembali ke Tanah Air. Selepas kembali ke tanah air Sandiaga Uno Harus memulai karirnya dari nol kembali. Mencoba untuk melamar berbagai kesempatan pekerjaan namun tidak ada satupun yang bisa diharapkan. Dari sinilah Sandiaga Uno berfikir untuk memulai bisnis sendiri. Walaupun pada awal karirnya memang belum ada fikiran untuk menjadi pengusaha.

"Saya ini menjadi seorang pengusaha karena 'kecelakaan'. Sebagai seorang pengusaha yang lahir dari kecelakaan, saya tidak mendesain jadi seorang pengusaha..." Kata : Sandiaga Uno


Pada Tahun 1997, Sandiaga Uno mencoba untuk mendirikan bisnis perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan. Perusahaan tersebut adalah PT Recapital Advisors. Perusahaan tersebut ia dirikan bersama Rosan Perkasa Roeslani yaitu teman semasa mengenyang pendidikan di bangku SMA.

Pahitnya startup sebagai pebisnis pernah Sandiaga Uno dan Rosan Perkasa Roeslani rasakan. Mulai di tolak dan dianggap sebelah mata menjadi hal biasa bagi perusahaan yang baru seumur jagung ini. Pada akhirnya setelah 6 bulan berdiri perusahaan Sandiaga Uno baru mendapatkan Klien pengguna jasanya.

Pada tahun 1998, bersama Edwin Soeryadjaya tepat satu tahun kemudian Sandiaga Uno juga mendirikan perusahaan yang bernama PT. Saratoga Investama Sedaya, perusahaan tersebut bergerak dalam bidang pertambangan, telekomunikasi, dan perhutanan. Adapun modal perusaahan berasal dari network kepercayaan investor baik dalam maupun luar negri. 

PT. Saratoga Investama Sedaya, bekerja dengan sistem membeli (mengakuisisi) perusahaan yang hampir bangkrut karena tersangkut masalah keuangan kemudian di beli dan diperbaiki sistemnya. Setelah perusahaan tersebut pulih dan bisa berjalan dengan baik kemudian di jual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Contoh Bank yang pernah di akuisisi adalah Bank BTPN.

Saat ini Sandiaga Uno menjadi orang nomor satu dalam jajaran Komite Ekonomi Nasional dan Petinggi HIPMI (Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia). Beberapa perusahaan besar yang Sandiaga Uno pegang dan ia sendiri menjabat sebagai seorang CEO adalah PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, PT Adaro Energy Tbk, serta di PT Recapital Advisor.

Selain menjadi pengusaha sukses, Sandiaga Uno juga gemar menyampaikan ilmu dan pengalamanya melalui berbagai seminar wirausaha entrepreneurship dengan harapan mampu memberikan inspirasi kepada siapa saja yang ingin terjun dalam dunia bisnis.

Menurut majalah Forbes, Nama Sandiaga Uno masuk dalam jajaran orang terkaya di indonesia dengan urutan nomer ke 29. Harta kekayaan Sandiaga Uno dari bisnis yang ia jalankan di taksir mencapai  400 juta US$.

Demikian ulasan mengenai profil Sandiaga Uno dan debutnya dalam memulai karir usaha dari nol. Semoga bermanfaat untuk pembaca yang ingin mengetahui di balik sosok yang kalem dan santun ini. Terimakasih anda telah membaca artikel usaha tentang : Kisah Sukses Bisnis Usaha Sandiaga Salahuddin Uno
Buka KomentarTutup Komentar