LIKE FANSPAGE KAMI

Kisah Sukses Pengusaha Muda Perempuan Sally Giovani

Baca Juga

Pengusaha Muda Sally Giovani merupakan perempuan cantik berasal dari kota cirebon. Ekonomi keluarga yang serba pas-pasan memaksa sally untuk berjuang menambah penghasilan guna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena kemampuan ekonomi yang pas-pasan tersebut sally hanya lulus SMA. Sejak lulus SMA sally bertekad keras untuk berwirausaha sendiri yaitu dengan menjajakan batik khas kota cirebon yang sekarang di kenal dengan nama BATIK TRUSMI.

Perjalanan sally dalam memasarkan batik khas kota cirebon tidaklah mudah, dari pasar kepasar sally tanpa lelah menawarkan batik khas kota cirebon kepada para pedagang. Tak tanggung-tanggung sally memasarkan produk batik hingga keluar kota seperti jakarta tanah abang, semarang pasar johar, bandung, dan surabaya. Sungguh mental yang sangat luar biasa untuk perempuan muda yang baru berumur 19 tahun. Seringkali di tolak oleh para pedagang merupakan hal biasa yang sudah sally alami. Namun, penolakan tersebut tidak pernah membuat sally untuk putus asa atau patah arang.


Sejaka awal berdagang sally hanya fokus menjual batik khas cirebon dengan kualitas terbaik. Meskipun harga yang di patok lebih mahal diantara jenis batik lainya hal tersebut tidak menjadi masalah bagi sally.

" Lebih baik saya di komplain karena harga mahal ketimbang saya di komplain karena mutu..."

Begitulah prinsip perempuan muda cantik asal kota cirebon itu. Adapun niat sally memilih produk yang unik dan berkualitas dengan harga mahal karena tidak ingin perang harga dengan penjual lain di marjin yang sama.

Perjuangan Sally Membuahkan Hasil

Pada akhirnya perjuangan sally giovani dalam memasarkan produk batik khas cirebon mulai mendapat banyak respon baik dari pedagang grosir maupun eceran. Orderan batik cirebon mulai membanjiri pesanan bahkan terkadang sally kewalahan dalam melayani pelanggan. Hasil yang di dapatkan saat itu sudah mulai lumayan.

Tak seperti anak muda zaman sekarang yang serba komsumtif dalam membelanjakan uang. Berbeda dengan sally giovani, setiap hasil yang di dapatkan selalu ia tabung untuk pengembangan bisnisnya. Alhasil sally mampu membangun toko sendiri di kota cirebon.

Batik Trusmi khas kota cirebon mulai banyak di kenal banyak orang seiring dengan boomingnya batik dari indonesia. Selain memiliki toko offline sally juga mengembangkan bisnisnya melalui toko online guna melebarkan sayap pemasaran keseluruh indonesia bahkan keluar negri seperti malaysia, brunei dan singapura.

Pelebaran Lokasi Usaha Batik Trusmi 

Seiring melejitnya batik di indonesia permintaan batik trusmi khas kota cirebon terus bertambah bahkan tak sedikit pelanggan dari berbagai kota datang ke toko sally untuk berbelanja batik. Lokasi toko pun semakin sempit seiring membludaknya pelanggan.

Berawal dari toko sederhana yang sally bangun dari jeri payahnya sendiri kini sally memperluas lokasi area toko hingga satu hektar. Perluasan area toko di masudkan untuk memberikan pelayanan yang nyaman untuk para pelanggan sally yang datang dari berbagai daerah. Seperti tempat parkir, musholla dan WC juga melengkapi toko sally yang ada di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kota Cirebon Jawa Barat.

Photo By oqtrans.com

 

Penghasilan dan Jumlah Karyawan

Sally pun belajar menejemen bisnis kepada para ahli guna pengembangan bisnisnya yang semakin besar. Saat ini tercatat kurang lebih 800 karyawan tetap dan 700 pengrajin batik yang membantu bisnis sally mulai dari pemasaran, bagian produksi, kasir dan pelayan. Sangat wajib di tiru untuk siapapun tak terkecuali anak muda  di usia yang terbilang muda mampu menjadi pioner kebermanfaatan membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Ditaksir penghasilan sally mencapai ratusan juta setiap hari, sungguh income yang sangat luar biasa bagi seorang perempuan muda yang masih berumur 27 tahun ini. Tidak heran jika toko sally di sebut-sebut  merupakan toko grosir batik terbesar di jawa barat.

Renungan Bagi Kita Semua

Kesuksesan dalam berwirausaha tidak harus di landasi dengan modal ekonomi yang berkecukupan maupun pendidkan tinggi. Namun, kesuksesan merupakan hasil dari keteguhan hati, jerih payah, tekad dan kerja keras yang tak kenal menyerah.

Kisah sukses pengusaha muda perempuan sally giovani mengingatkan kepada kita semua bahwa kesuksesan bisa diraih siapapun. Semoga kisah inspiratif ini mampu menambah motivasi bagi kita semua yang akan terjun ke dunia bisnis ataupun yang sudah lama terjun namun belum menuai keberhasilan seperti yang di inginkan.
Buka KomentarTutup Komentar