Kisah Sukses Dari Nol Ahmad Zaky CEO BukaLapak.com


Achmad Zaky, lahir 24 Agustus 1986. di kota Sragen, Jawa Tengah. Pengusaha muda dari nol yang sukses dalam dunia ecomerce ini adalah seorang sarjana lulusan ITB (Institute Teknologi Bogor) yang mendedikasikan dirinya untuk perkembangan dan kemajuan usaha kecil menegah (UKM) di indonesia. Melalui ide kratifnya ribuan usaha kecil menengah tersalurkan dalam hal pemasaran secara online. Karena banyaknya aksi penipuan di dunia online ia bersama temanya membuat sistem jual beli yang aman dan nyaman untuk kedua belah pihak antara pembeli dan penjual dengan nama situsnya yang terkenal BukaLapak.com

Sejak masa kecil Achmad Zaky memang sudah menyukai dunia komputer. Tepatnya ketika duduk di bangku sekolah dasar zaky mendapat buku-buku pemrogaman dan komputer dari salah satu pamanya. Di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) Zaky sudah mampu menciptakan sofware dan pernah menjuari olimpiade sains nasional (OSN) mewakili SMAN 1 Solo dalam kategori bidang komputer.

Pic. By BukaLapak.Com

Orang tua zaky adalah seorang guru PNS, yang mana pekerjaan menjadi PNS adalah pekerjaan yang di idam-idamkan sebagian besar masyarakat indonesia tak terkecuali orang tua zaky yang selalu menginginkan zaky untuk menjadi seorang PNS. Namun, kata hati zaky menunutunya untuk menjadi seorang programer yang memang sudah menjadi hobinya sejak kecil. Walaupun menurut orang tua zaky pekerjaanya tidak bisa di jadikan masa depan.

Setelah lulus SMA zaky pun meneruskan studinya di Institute Teknologi Bandung (ITB). Tahun 2007 semasa kuliah zaky sering mengikuti kompetisi pemrograman dan pernah menjuarai Indosat Wireless Innovation Contest menang di peringkat II. Pada tahun 2008, selain pengalaman dalam kejuaraan,  zaky juga pernah terpilih menjadi salah satu mahasiswa yang bisa mengikuti kegiatan studi ke Oregon State University di Amerika Serikat. Di tahun itu juga zaky mendapatkan Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards)

Lulus dari ITB 2009 nasib Zaky tak sebaik teman-temanya. Pengalaman pernah di tolak hingga 3 kali ketika melamar di perusahaan international untuk bagian management consulting, Zaky akhirnya memilih untuk menjadi seorang pengangguran. Setahun zaky menganggur, di sela-sela menjadi pengangguran Zaky memiliki aktitas sendiri, yakni ingin membangun sebuah ecomerce yang bisa bermanfaat untuk semua orang.

Awal Berdirinya BukaLapak.com

Tahun 2010 bukalapak.com resmi didirikan bersama temanya nugroho, meskipun dengan modal yang sangat minim usaha Zacky untuk mengembangkan situs bukalapak.com tidak pernah surut. Pada awal berdirinya situs bukalapak.com terbanyak barang yang di jual adalah sepeda karena itu bukalapak di kenal sebagai tempat jual beli sepeda. Hal tersebut terjadi karena memang keterbatasan modal yang di miliki terutama dalam pemasaran.

Karena tidak ada modal untuk biaya iklan Google Adword pemasaran manual melalui facebookpun di lakoninya. Hasil yang di dapatkan pun tidak seberapa namun temanya tetap setia dan semangat bersama Zaky untuk memajukan usaha. Saat itu yang banyak ia invite adalah para komunitas peng hobi sepeda. Sehingga tidak heran para pengiklan di bukalapak.com kebanyakan adalah penjual sepeda.

Dengan semangat yang tinggi serta passion dalam bekerja Zacky terus belajar dari kekurangan yang ada pada sistem bukalapak.com dengan terus memperbaiki sistem jual beli dan tampilan bukalapak.com.

Beberapa investore tertarik dengan bukalapak.com diantaranya adalah : Batavia Incubator, IMJ Investment, dan juga Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK Group). Perusahaan jepang Softbank Corp dari Jepang mengajak zaky untuk belajar langsung di jepang tentang bagaimana mengelola ecomerce yang baik dan benar. Sempat ia menolak karena mengira bahwa usahanya akan di akuisisi. Namun, setelah memahami bahwa perusahaan tersebut hanya menawarkan modal 15% dan menejemen tetap pada dirinya. Akhirnya diapun setuju dan menerima bantuan modal tersebut.

Dengan adanya suntikan modal bukalapak.com menjadi top of the top ecomerce indonesia di susul tokopedia dan ecomerce lainya. Pengunjung bukalapak terus meningkat hingga mencapai 500.000/hari dengan perputaran uang senilai 4 hingga 5 milliar. Sungguh pencapaian yang luar biasa bagi seorang sarjana lulusan ITB ini. Dengan di bantu staff dan karyawan yang profesional dan satu pemikiran bukalapak terus berkembang dengan pesat di saat beberapa usaha ecommerce mulai meredup.

Zaky adalah sosok yang patut kita contoh terutama semangat seorang starup dalam berbisnis. Di saat banyak lulusan sarjana sibuk mencari kerja kesana kemari dan terlunta-lunta. Ahmad zaky memilih menganggur dan memulai membangun kerajaan bisnisnya sendiri.

Semoga cerita ahmad zaky dalam memulai bisnisnya dapat memberi inspirasi kepada kita semua. Terutama untuk anda yang baru  lulus kuliah dan belum dapat kerja. Terimakasih anda telah membaca artikel usaha tentang : Kisah Sukses dari Nol Pendiri BukaLapak.Com
Buka KomentarTutup Komentar