Cara Tepat Mencari dan Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

Lokasi Usaha Strategis - Lokasi usaha adalah salah satu faktor penunjang kesuksesan dalam meningkatkan penghasilan. Terutama untuk anda para pengusaha di bidang perdagangan dan jasa. Memilih lokasi usaha yang tepat terbilang susah-susah gampang sehingga mencari tahu informasi tentang cara bagaimana memilih usaha yang tepat dan strategis adalah sebuah langkah yang tepat.

Terkadang lokasi usaha yang strategis dan tepat untuk usaha tidak mudah untuk di dapatkan mengingat banyaknya para peminat lokasi usaha dan harga sewa tempat yang relatif tinggi. Bagi para pengusaha yang memiliki modal besar, memilih lokasi yang tepat dan strategis dengan harga sewa yang tinggi mungkin bukanlah menjadi suatu masalah, namun bagi para pemula dengan modal kecil dan pas-pasan memilih lokasi usaha adalah faktor penentu dalam mempertahankan kelangsungan usaha kedepanya. 


Tidak jarang para pemula usaha dengan modal yang pas-pasan untuk menghemat biaya pengeluaran memilih lokasi usaha dengan harga sewa yang murah namun kurang pas dan strategis untuk usaha sehingga mengakibatkan usaha sepi dan pada akhirnya gulung tikar karena tidak mampu melanjutkan sewa tempat serta pemasukan yang minim dan kebutuhan sehari-hari yang terus membengkak.

Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat dan Strategis

Lokasi yang tepat untuk usaha akan admin kategorikan menjadi beberapa pilihan diantaranya adalah usaha kuliner, usaha jasa, dan usaha fashion. Karena masing-masing bidang memiliki lokasi spot yang berbeda-beda sehingga perlu di kategorikan agar mudah di bidang usaha manakah yang anda akan jalankan. Berikut lokasi usaha sesuai dengan masing-masing jenisnya.

1. Lokasi Usaha Kuliner

Usaha kuliner terbagi menjadi dua jenis yaitu makanan dan minuman. Untuk usaha minuman seperti usaha juice maupun jenis minuman lainya lokasi yang tepat adalah berada di toko-toko minimarket yang memiliki banyak pengunjung. Biasanya minimarket yang banyak pengunjung berada di lokasi-lokasi strategis seperti perempatan jalan, pasar dan pusat keramaian lainya.

Untuk anda yang akan menjalankan usaha kuliner seperti warung makan lokasi yang tepat adalah lokasi yang dekat dengan kos-kosan, pabrik, dan pasar. Lokasi warung makan tidak harus di pinggir jalan raya bisa saja di area kos atau pabrik tersebut. Berbeda jika pasar/target anda adalah orang-orang yang kebetulan lewat, maka anda bisa saja membuka usaha di lokasi pinggir jalan raya.

2. Lokasi Usaha Jasa

Usaha jasa bisa bermacam-macam jenisnya diantaranya adalah bengkel, kursus, rental mobil, servis komputer, foto kopi dan lain-lain. Usaha foto kopi misalnya, untuk membuka usaha foto kopi tidak boleh sembarang tempat mengingat usaha foto kopi membutuhkan modal yang besar dan harga foto kopi yang murah setiap lembarnya. Sehingga perlu lokasi/spot usaha yang strategis agar bisa cepat mengembalikan modal usaha.

Lokasi usaha foto kopi hendaknya berada di area akademisi seperti sekolah, kampus, kantor dan instansi yang mana kebutuhan akan percetakan sangat tinggi. Begitu halnya bengkel, kursus, dan usaha-usaha jasa lainya. Perlu kejelian di mana anda harus mampu melihat lokasi yang tepat untuk anda berikan umpan ibarat jika anda seorang pemancing.

3. Lokasi Usaha Fashion

Lokasi usaha fashion yang tepat berada di mana lokasi daya beli masyarakat akan kebutuhan fashion sangat tinggi. Misalkan kota bandung, usaha fashion di bandung akan lebih sukses dan ramai karena masyarakat di sana memiliki intensitas yang tinggi dalam membeli pakaian. Selain itu biasanya usaha fashion di bantu dengan penjualan online sehingga untuk membuka lokasi usaha fashion tidak harus di pinggir jalan atau di tempat ramai.

Namun, tidak di pungkiri tempat yang strategis untuk berjualan adalah lokasi yang dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, perempatan, pinggir jalan raya dan lain-lain. Jika anda memiliki banyak modal tidak ada salahnya memilih lokasi yang strategis yang mana banyak di lalui orang.

Cara memilih lokasi usaha yang tepat sebenarnya tidaklah sulit, kendala yang sering di alami oleh para pelaku usaha adalah tingginya harga sewa dan penuhnya lokasi. Namun semua itu bisa anda siasati dengan mendekatkan usaha anda dengan para calon konsumen agar bisa meningkatkan value penjualan.

Jika usaha yang anda jalankan memiliki nilai value yang tinggi, sewa di tempat yang strategis dengan harga tinggi tidaklah menjadi masalah. Ketimbang sewa lokasi usaha yang murah namun minim pembeli maupun konsumen. Demikian artikel tentang Cara Mencari dan Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat dan Strategis . Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari tips untuk memilih lokasi usaha yang tepat.
Buka KomentarTutup Komentar