LIKE FANSPAGE KAMI

Cara Sukses Beternak Lovebird Bagi Para Pemula

Baca Juga

Beternak Love Bird Bagi Pemula - Sebagian besar para penghobi burung menjadikan hobinya sebagai bisnis. Selain menekuni hobi sebagai pecinta burung tidak sedikit dari mereka  membudidayakan burung love bird guna untuk menambah penghasilan. Beternak Burung Love Bird terbilang susah-susah gampang tergantung kesabaran dan ketekunan dalam proses budi daya burung love bird itu sendiri. Berbagai macam kendala pasti akan kita temui mulai dari pemilihan indukan yang tepat, telur yang tak kunjung menetas dan pembuatan kandang yang sesuai.

Saat ini burung love bird banyak dibudidayakan dan dikembangkan baik para breeder yang sudah lama maupun yang baru terjun. Hal tersebut dikarenakan perminat burung love bird dipasaran semakin bertambah. Secara umum love bird memiliki ukuran tinggi 15 Cm dan Berat 50 Gram dengan paruh yang besar dan ekor yang pendek.


Keberhasilan beternak burung love bird dalam perkembang biakanya terdapat beberapa faktor yang wajib di jalankan oleh para breeder sehingga hasil yang di inginan tidak mengecewakan. Berikut faktor-faktor keberhasilan dalam beternak burung love bird :

 Persiapan Memulai Beternak Lovebird

1. Persiapakan kandang untuk perjodohan

Jika kira-kira 1 hingga 2 minggu perjodohan love bird berhasil langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan kandang perjodohan dan Glodox ( kandang kotak dari kayu )  ukuran glodox kotak yang baik berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm dan kadang besi dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm tempatkan juga tempat bertengger 2 atau 3 tangkai kayu. Biasanya lovebird betina akan membuat kandang dengan bahan-bahan seadanya yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu jangan lupa persiapkan bahan-bahan sarang dengan beberapa bahan seperti rumput kering, serutan kayu, kertas yang telah di sobek-sobek.

2. Umur Bururng Lovebird

Jangan lupa untuk memeperhatikan umur burung lovebird karena ini cukup penting yaitu umur ( 7-9 bulan ) akan sering menemukan kesulitan dalam proses penetasan sehingga banyak kegagalan dalam proses ini karena pada umur tersebut lovebird belum terlalu matang untuk bereroduksi. Idealnya tunggu sampai mereka berumur setahun.

3. Pengeraman

Pada saat proses pengeraman jagalah selalu agar lingkungan kandang tenang dan tidak ada gangguan suara bising atau hal lainya. Hal ini supaya lovebird dapat fokus mengeram dan mendapatkan hasil terbaik. Sangat dianjurkan agar jangan terlalu sering melihat-lihat situasi kandang atau malah megang telurnya karena biasanya banyak breeder penasaran atau tidak sabar menunggu kedatangan si anak lovebird. Pada proses pengeraman 21-24 hari itulah saatnya proses penetasan.

Tetapi ketika telur tidak menetas setelah 26 hari kemungkinan telur tersebut tidak menetas dan bisa di ambil agar lovebird bisa bertelur lagi. Jika ingin mengetahui kondisi telur kita bisa ambil telur tersebut lalu kita pecah apabila kondisi telur tersebut masih utuh, masih ada putih dan kuning telurnya berarti telur terseut tidak dibuahi. Namun apabila tersebut busuk berarti gagal dalam pengeramannya.

Persiapan Setelah Penetasan

1. Makanan untuk indukan lovebird

Makanan atau pakan untuk indukan juga sanga penting untuk di perhatikan karena induk lovebird akan memberi makanan yang dikomsumsinya untuk anak-anak lovebird. Meloloh makanan biasanya dilakukan oleh sang jantan, jadi menjaga nutrisi pada pakan lovebird sangat dianjurkan.

Sangat direkomendasikan pakan induk berjenis kangkung dan milet tetapi jika ingin mencoba varian lain anda biasa memberikanya juga seperti juwawut, kenari seed, biji sawi, jagung muda, sawi, toge, jangan lupa berikan Benelux Primus lovebird yang penting untuk si induk dan anakanya karena mengandung jenis nutrisi sempurna yang di perlukan dalam budidaya ternak lovebird.

2. Makanan untuk anakan lovebird

Makanan atau pakan untuk anak lovebird bisa menggunakan bubur bayi instant yang banyak dijual di toko atau minimarket terdekat. Bubur bayi dicampur dengan air hangat, jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin. Untuk meloloh anakan lovebird bisa dengan cara menyuapi dengan jarum suntik atau dengan sendok kecil tergantung kenyaman si lovebird dan kemudahan anda sendiri cara memberi makan. 

Cara tersebut dilakukan dengan mengambil anakan lovebird dari induk mereka ketika berumur 11-15 hari. Pemberian pakan dilakukan minimal tiap 4 jam sekali secara teratur. Setelah anak lovebird sekitar usia empat minggu, anda bisa memberi mereka makanan di tempat makan untuk melatih anak lovebird agar bisa makan sendiri. Makanan yang diberikan dapat berupa potongan-potongan kecil buah-buahan atau sayuran, telur rebus, pelet yang dicampur air hangat.

Faktor keberhasilan beternak lovebird adalah kesabaran dan ketekunan dalam merawat dan memberi pakan anak love bird. Banyak para breeder yang gagal dalam beternak lovebird dikarenakan memiliki kesibukan lain yang kadang membuat peternakan lovebird tidak terurus. Seperti lupa memberi pakan, lupa membersihkan kandang, luput pengawasan di makan tikus maupun ular.

Demikian ulasan mengenai cara beternak Bururng Love Bird Yang Baik Bagi Pemula. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha budidaya burung love bird ataupun sekedar hobi.
Buka KomentarTutup Komentar