Cara dan Syarat Membuka Usaha Travel Pariwisata Bagi Pemula

Bagikan Ke:

Kali ini kami akan memberikan tips untuk anda tentang Cara Membuka Usaha Travel Pariwisata Bagi Pemula. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sangat luar biasa. Banyak sekali potensi-potensi daerah serta lokasi destinasi wisata yang sangat indah. Wisata di indonesia sangat beragam diantaranya adalah wisata raja ampat, wisata karimun jawa, wisata bali, wisata pulau lombok dan masih banyak wisata lainya.

Kebutuhan akan wisata khususnya di indonesia terus meningkat seiring berkembangnya teknologi. Lewat media sosial, blog dan televisi beragam destinasi pariwisata yang sangat menakjubkan di tampilkan secara langsung. Hal tersebut membuat para wisatawan menjadi penasaran dan ingin mendatangi lokasi wisata.  

Bisnis usaha travel pariwisata merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa dibilang bisnis yang gak ada matinya, apalagi disaat menjelang waktu liburan kebutuhan akan traveling atau wisata akan melonjak tajam. Membuka usaha pariwisata meskipun anda seorang pemula merupakan pilihan yan tepat.




Nah, bagaimana cara membuka usaha pariwisata bagi pemula ? hal apakah yang harus di siapkan untuk memulai usaha travel ? Kita akan bahas bersama-sama langkah-langkah membuka travel.

Gabung Franchise Tour & Travel 

Untuk anda yang tidak ingin ribet dalam mengurus surat ijin dan sebagainya anda cukup bergabung dengan agen travel. Biasanya anda akan di suruh membayar paket franchise atau sistem bagi hasil dengan travel tersebut. Carilah franchise usaha travel yang sudah berpengalaman untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan di kemudian hari.

Kemudahan yang ditawarkan oleh para franchisor travel dalam memulai usaha travel biasanya dibuat dengan sistem online. Melalui media online anda bisa mendaftar menjadi anggota travel tanpa ribet mengurus segala macam persyaratan yang di wajibkan ketika membuka bisnis pariwisata. Untuk pendaftaran, biasanya hanya diperukan scan KTP dan Foto guna untuk administrasi.

Mendaftar di Dinas Pariwisata

Untuk anda yang sudah memiliki modal banyak dan ingin memulai usaha wisata sendiri tanpa ikut usaha travel lain, caranya yaitu dengan mengajukan perizinan langsung ke dinas pariwisata kepemerintahan tingkat II atau setara dengan kabupaten. Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mendaftar biro usaha travel sendiri adalah sebagai berikut :

1. Akte pendirian Perseroan Terbatas khusus Travel
2. NPWP Perusahaan ( seluruh pemegang saham harus meiliki NPWP)
3. Domisili Perusahaan
4. Surat Izin Tempat Usaha – SITU
5. Surat Izin Usaha Perdagangan – SIUP
6. Surat Izin Usaha Pariwisata – SIUP
7. Surat Izin Tetap atau Sementara dari Dinas Pariwisata Pemda Setempat untuk menjadi Anggota ASITA

Anda pasti bingung dan bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan ASITA ? Oke, langsung saja ASITA kepanjangan dari Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) yaitu sebuah Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia.

Langkah awal yang paling mudah bagi pemula adalah mendatangi dinas pariwisata yang ada di kota anda, nanti anda akan di jelaskan mengenai prosedur selanjutnya. Demikian artikel usaha tentang : Cara Membuka Usaha Travel Pariwisata Bagi Pemula. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin memulai bisnis usaha travel pariwisata.

Bagikan Ke:

Usaha Travel

Tulis Komentar: