Batu Akik Pacitan Tetap Eksis Meskipun Bisnis Batu Akik Sedang Redup

Kota pacitan merupakan kota yang di kenal dengan semboyan "KOTA SERIBU GOA" karena banyaknya goa yang terdapat di berbagai daerah di kota pacitan. Diantaranya Gua Gong (Gua Terindah Se-Asia Tenggara), Tabuhan (Batu dapat dipukul dan Berbunyi Seperti Alat Musik Gamelan), Kalak (Gua Pertapaan), dan Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara). Di daerah pegunungan seringkali ditemukan fosil manusia purba dan alat - alat purbakala.

Secara geografis kota pacitan memiliki banyak perbukitan dan tanah yang keras dengan kekayaan alam berupa gunung kapur dan bebatuan. Hal tersebut mengakibatkan daerah pacitan kurang begitu bagus untuk pertanian. Namun, dengan ke kayaan alam yang ada menjadikan pacitan terkenal sebagi daerah penghasil batu akpur, granit dan batu akik terbaik di pulau jawa.

Batu akik kota pacitan memiliki ciri khas tersendiri yang mana berbeda dengan ciri khas batu akik di kota lain. Seperti batu akik Red bBaron, Golden Supreme, dan Snow White. Ketiga jenis batu akik tersebut sudah mendunia dan di kenal banyak orang.

Batu Akik Pacitan di Pasaran

Dengan keunikan dan ciri khas yang ada batu akik pacitan memiliki penggemar tersendiri yang mana memang sebelum booming batu akik di indonesia, batu akik pacitan sudah menjadi perburuan para pecinta batu akik.

Fajar  (36) penjual batu asal Pacitan, Jawa Timur mengatakan, ada tiga batu akik yang sedang dicari-cari para kolektor batu mulia. Batu tersebut diantaranya, Red Brown, Golden Supreme, dan Snow White.

"Yang paling laku dan mahal itu Red Brown. Semalam dilelang harganya mencapai Rp150 juta, pak Haji Lulung yang berhasil dapat," kata Fajar  (sumber : Sindonews)

batu akik pacitan

Bisnis Batu Akik Mulai Meredup

Meskipun penggeliat batu akik saat ini mulai meredup berakibat banyak para perajin batu akik yang mulai tutup seiringnya peminat batu akik yang mulai berkurang. Hal tersebut tidak menjadikan para perajin batu akik pacitan menjadi susah di karenakan batu akik pacitan memiliki pelanggan tersendiri yang memang sudah eksis sebelum booming batu akik 2015.

Bapak Syaiful Anwar, asal desa kasihan, tegalombo pacitan adalah satu penggeliat batu akik pacitan yang saat ini masih eksis dalam bisnis batu akik. Banyak para pelanggan pak syaiful berasal dari berbagai kota seperti jakarta, palembang, jepara, kudus, purwodadi, kendal menjadi pelanggan pak syaiful.


"Tidak saya pungkiri saat ini usaha batu akik memang turun drastis, namun menurunya permintaan batu akik tidak menjadikan bisnis kami gulung tikar di kerenakan batu akik pacitan  memiliki penggermar tersendiri...." (kata bapak syaiful)

Wisata Kota Pacitan

Selain terkenal dengan batu akik dan goanya kota pacitan juga memiliki destinasi wisata bahari yang sangat indah diantaranya adalah panti klayar yang di kenal dengan pantai seruling jagat dan pantai teleng ria sebagai tempat berselancar. Banyak para wisatawan baik dari luar pacitan bahkan turis manca negara berkunjung ke kota pacitan untuk menikmati keindahan alam.
Buka KomentarTutup Komentar