Baca: 7 Faktor Penyebab Usaha Sepi Order Maupun Pelanggan

Penyebab Usaha Sepi Order  - Usaha sepi order atau sepi pelanggan memang hal yang paling menjengkelkan. Bagaimana tidak, hutang sudah menumpuk modal usaha sudah banyak namun hasil yang kita inginkan tidak sesuai dengan apa yang di harapankan. Segala jenis ikhtiar agar usaha  rame dan banyak pelanggan sudah di lakukan mulai dari membeli ebook, ikut seminar, iklan dengan berbagai macam cara dan media namun usaha tidak tambah rame malah menjadi sepi seperti kuburan. 

Seperti ingin putus asa dan mensudahi usaha namun modal yang di keluarkan sudah terlanjur banyak, rasa malu menggrogoti entah malu di bilang bangkrut, malu di bilang banyak hutang. Fikiran negatif pun mulai hinggap seperti berfikir usaha sepi gara-gara sihir, sepi gara-gara guna-guna, sepi karna pesaing menggunakan penglaris. Apa lagi melihat pesaing yang semakin jaya dan semakin rame pembeli. Jika tidak kuat iman bisa-bisa jadi gila karna iri dan dengki.



Sebenarnya bisnis sepi order mupun sepi pelanggan memiliki faktor yang berbeda beda tergantung usaha atau bisnis yang anda jalankan. Seperti contoh Usaha Warnet Sepi Pelanggan tentunya berbeda dengan Usaha Warteg yang sepi pembeli. Begitu juga usaha salon yang sepi tentunya berbeda dengan sepinya warung atau toko sembako. Namun ada beberapa faktor utama atau garis besar penyebab bisnis menjadi sepi. Baiklah langsung saja mari kita simak.

7 Faktor Utama Penyebab Bisnis Sepi Pelanggan

1. Buruknya Kualitas Barang Atau Produk Dagangan

Produk yang tidak berkualitas adalah salah satu faktor utama penyebab sepinya usaha. Jika anda pemilik warung makan bisa jadi masakan anda kurang pas di lidah, jika anda penjual fashion bisa jadi kualitas kain yang jelek, jika anda penjual furniture bisa jadi furniture anda mudah patah atau pecah. Apalagi promosi yang anda janjikan tidak sesuai dengan apa yang anda ucapkan. Ingatlah, salah satu trik marketing yaitu trik "SAMBUNG LIDAH" artinya jika pelanggan anda puas maka merak akan berkata kepada orang lain entah itu saudara, teman bahkan orang yang baru ia temui di jalan. Begitu juga sebaliknya, jika mereka kecewa tidak menutup kemungkinan mereka akan berkata keburukan tentang kualitas produk anda.

Jadi, jika dagangan atau produk yang anda jual sepi order bisa jadi barang yang anda jual memiliki kualitas buruk bahkan tidak layak jual apa lagi banyak pesaing produk yang anda jual dengan kualitas yang sama. Silahkan kroscek pesaing yang menjual produk seperti yang anda jual guna melakukan penyelidikan kenapa order menjadi sepi.

2. Kurangnya Promosi atau Branding


Jika anda yakin produk yang anda jual memiliki kualitas yang baik namun tetap sepi order ataupun pelanggan bisa jadi produk atau usaha anda kurang dikenal banyak orang. Apalagi bagi seorang pemula yang baru memulai bisnis. Promosi atau branding sangat diperlukan agar produk bisa lebih di kenal banyak orang. Salah satu alat komunikasi bisa bermacam-macam.

Jika usaha anda bisnis online berikut media yang bisa anda gunakan sebagai media promosi :
  • FB ADS (Iklan Facebook)
  • Google Adword (Iklan Google)
  • Youtube Video Marketing
  • Instagram
  • Twitter
Jika Usaha Anda Bisnis Offline berikut media yang bisa anda gunakan sebagai media promosi :
  • Radio Lokal
  • Koran Lokal
  • Stiker  

3. Lokasi Jualan Yang Kurang Tepat


Salah satu penyebab sepinya pelanggan adalah lokasi jualan yang kurang tepat. Terkadang banyak pedagang pemula yang memilih kios atau ruko dengan sewa atau harga yang relatif murah dengan niat penghematan modal usaha tanpa memperdulikan lokasi yang tepat untuk usahanya. Pada akhirnya baru saja jualan sudah dilanda sepi dan tak lama kemudian gulung tikar. Jika anda menyewa usaha di tempat yang sepi atau kurang strategis sama halnya anda berjualan di tengah hutan yang sepi akan orang.

 4. Barang Yang di Jual Tidak Lengkap


Bisa jadi orang malas pergi ke toko anda karena tahu barang yang anda jual tidak lengkap atau barang yang di jual seadanya. Mungkin sebagian besar pedagang membeli barang ala kadarnya karena takut barang tidak laku di jual atau kada luarsa. Jika anda tahu salah satu trik menarik pelanggan yaitu melengkapi produk yang di jual jadi meskipun barang tidak laku toko anda terlihat komplit dan lengkap sehingga membuat mind set pembeli untuk selalu belanja di toko anda karena barang yang anda miliki lengkap.

5. Harga Terlalu Tinggi Tanpa Nilai Lebih


Salah satu penyebab dagangan sepi atau usaha sepi pelanggan adalah harga barang yang terlalu tinggi apalagi barang yang anda jual bukan barang langka atau banyak pesaing yang sama menjual barang yang sama. Berbeda dengan harga yang tinggi namun memiliki nilai lebih yang mana kelebihan itu tidak bisa ditiru oleh pesain-pesain anda.

Jika barang yang anda jual tidak memiliki keunikan atau nilai lebih atau juga banyak pesaing maka yang harus anda lakukan yaitu menjual dengan harga paling murah diantara pesaing anda. Itupun jika belum ada kesepakatan harga normal antar pedagang.

6. Adanya Pesaing Baru 


Jika anda pemain lama atau sudah lama menggeluti produk yang anda jual, jauh hari anda harus berfikir resiko jika ada pesaing baru. Dunia bisnis memang sudah biasa saat dagangan atau usaha rame maka akan ada banyak yang meniru atau menjiplak. Persiapan kedepan sangat diperlukan guna menghadapi persaingan. Strategi-strategi untuk memikat pelanggan agar setia dengan anda pun perlu di rencanakan dengan baik jikalau datang pesaing baru maka anda akan menerima dengan lapang dada sambil berucap "WELCOME PESAING BARU"

7. Pelayanan Yang Kurang Baik


Diantara penyebab sepinya pelanggan adalah pelayan yang kurang baik. Seringkali merasa jengkel saat pelanggan menawar harga atau hanya sekedar bertanya-tanya. Begitulah sifat pembeli yang ada di benak pembeli adalah mendapat barang yang murah dengan kualitas yang bagus. Jadi tidak heran jika mereka selalu bertanya-tanya bahkan menawar dengan harga ekstrim yang kadang membuat sakit hati. Apapun yang terjadi tetaplah berprinsip "PEMBELI ADALAH RAJA" jadi bagaimanapun model pembeli yang datang kepada anda jangan sampai menjadikan pelayanan anda buruk.

Demikian ulasan tentang faktor penyebab usaha sepi order mapun pelanggan. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami masa sepi saat berwirausaha. Belajarlah dari kegagalan atau kesalahan dan jangan mengulangi kegagalan atau kesalahan itu untuk untuk ke dua kalinya.
Buka KomentarTutup Komentar