7 Karakter Orang Yang Tidak Berbakat Jadi Pengusaha, Terakhir Paling Berbahaya

Mejadi seorang entrepreneur bukanlah sebuah hoki. Namun, butuh perjuangan keras untuk mewujudkan usaha menjadi sukses dan di kenal banyak orang. Beberapa orang sering gagal dalam berbisnis. Hal tersebut bisa disebabkan Karakter Orang Yang Tidak Berbakat Jadi Pengusaha. Melihat biografi para pengusaha sukses 90 % masa mudanya banyak yang di tempa oleh pahitnya kehidupan. 10% sisanya adalah pengusaha warisan atau menjadi pengusaha karena warisan dari orang tua.

Jika anda seorang pengusaha pemula atau bahkan sudah lama menekuni wirausaha namun tak kunjung mencapai hasil yang maksimal seperti yang di impikan. Itu artinya ada yang salah dalam mindset anda sebagai pengusaha. Tak sedikit yang baru memulai usaha "start up" namun sudah mencapai hasil yang luar biasa dan bahkan mengalahkan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia wirausaha. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor-faktor intern atau karakter serta pola pikir pada diri seseorang.




7 Karakter Yang Harus di Hindari Bagi Seorang Pengusaha

Berikut ini adalah beberapa karakter atau pola fikir yang harus anda hindari ketika menapaki jalan sebagai seorang entrepreneur :

1. Karakter Penakut 

Beberapa orang berfikir setengah-setengah dalam berwirausaha. Hal tersebut biasanya di sebabkan ketakutan akan kebangkrutan atau modal yang tidak balik. Perlu di ketahui bahwa kegagalan adalah guru terbaik bagi pewirausaha. Dari kegagalan yang dialami tersebut seorang pengusaha bisa belajar dan tidak mengulanginya untuk kedua kalinya. 

Jika nasehat, atau motivasi mungkin hanya membekas sesaat di hati. Namun, kegagalan yang dialami seorang pengusaha akan mampu membuat insting menjadi lebih tajam serta mengerti dan merasakan pahitnya ke gagalan sehingga memberikan ilmu batin dan pengalaman yang tak terlupakan bagi seorang pengusaha itu sendiri.

2. Karakter Pemalas

Pemalas merupakan karakter jiwa sering juga di katakan sebagai penyakit yang sulit di sembuhkan. Jika sakit karena luka jatuh bisa sembuh dalam beberapa hari saja. Namun, karakter pemalas adalah penyakit yang sulit untuk di hilangkan. Seorang pengusaha harusnya membuang jauh-jauh rasa malas yang ada pada diri sendiri dengan selalu berusaha dan belajar meningkatkan kualitas diri serta berupaya untuk meningkatkan omset pemasukan. 

3. Karakter Plin-Plan

Plin plan dalam segala hal termasuk dalam dunia wirausaha adalah hal yang sangat merugikan bagi diri sendiri maupun orang lain. Mental pengusaha yang plin plan akan cendrung tidak di sukai oleh banyak orang termasuk karyawan atau anak buah anda sendiri. Keputusan apapun yang diambil oleh seorang pengusaha berpengaruh pada perusahaan atau bisnis perkembangan bisnis kedepan. Sehingga, seorang pengusaha harus selalu mantap dalam melaksanakan tindakan.

4. Karakter Mudah Bosan

Menapaki jalan wirausaha bukanlah jalan yang mudah. Menjadi entrpreneur memang menyenangkan karena banyak memiliki waktu luang. Namun, terkadang banyak juga rintangan yang menghalang. Ketika seseorang entrepreneur tidak mengalami peningkatan dalam wirausaha maka kejenuhan dan kebosananlah yang akan dialami. Apa lagi bagi seorang pemula yang baru membuka usaha tentunya membutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengenalkan produknya secara luas.

Jika tidak sabar dengan hasil yang di dapat apalagi terkadang banyak tawaran kerja lainya dengan mudahnya meninggalkan bisnis yang telah dimulai, maka kegagalanlah yang akan menghampiri anda. Terkadang bosan dengan usaha yang di jalani karena sepi kemudian pindah ke usaha lainya. Usaha lainya sepi pindah lagi usaha lain lagi. Karakter seperti tersebut adalah karakter yang tidak berbakat jadi pengusaha karena tidak memiliki keteguhan hati atau keistiqomahan.

5. Karakter Pemboros

Jiwa pemboros adalah lebih besar pasak dari pada tiang. Seorang pengusaha haruslah pintar mengatur cash flow kelar masuk uang dalam perusahaan. Jika seorang pengusaha tidak bisa mengontrol pengeluaran dengan baik maka tidak lama bisnis yang di kelola akan mengalami kehancuran.

Biasanya tipe orang seperti ini adalah tipe penyuka hutang. Jika sudah terbelit hutang maka tinggal menunggu ambruknya sebuah usaha. Aturlah uang pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Pisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi kemudian kurangi pengeluaran-pengeluaran yang sekiranya tidak urgen atau penting.

6. Karakter Karyawan

Karyawan lebih suka dengan hidup terjamin dengan gaji yang sudah jelas. Berbeda dengan seorang pengusaha yang kadang untung dan kadang rugi sesuai dengan situasi usaha yang dialami. Kebangkrutan juga sering membayangi para pewirausaha. Sedangkan karyawan lebih senang dengan zona nyaman dengan bayaran pas-pasan. Berbeda dengan seorang pengusaha yang mana akan terus mengasah dan memutar otak agar usahanya tetap jalan.

7. Karakter Mudah Emosi

Seseorang dengan jiwa tempramen 90% akan cendrung mengalami ke gagalan dalam berwirausaha. Kesabaran dan ketenangan dalam berwirausaha merupakan pokok utama karakter yang di butuhkan oleh seorang entrepreneur. Seorang pengusaha boleh saja tegas tapi bukan berarti menjadi pribadi yang mudah marah atau mudah emosi. Jika tidak pintar menjaga emosi maka di khawatirkan akan mudah terkena penyakit seperti struk, darah tinggi dan penyakit psikis lainya.

Demikian ulasan mengenai 7 Karakter Orang Yang Tidak Berbakat Jadi Pengusaha. Jika salah satu dari 7 karakter diatas ada pada diri anda, maka jauilah mulai dari sekarang. Semoga artikel usaha ini bermanfaat bagi anda yang terjun dalam dunia wirausaha.
Buka KomentarTutup Komentar