5 Contoh Peluang Usaha Yang Menjanjikan di Musim Hujan

Usaha Yang Cocok di Musim Hujan - Musim hujan telah tiba, musim hujan di indonesia biasanya di mulai pada bulan september dan paling deras adalah bulan desember. Orang jawa mengatakan bulan desember adalah "gede-gedene sumber" artinya bulan desember memiliki sumber air sumur yang mengalir deras karena diwaktu bulan desember memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Hal itu memang benar adanya, namun karena polusi seperti efek rumah kaca dan polusi udara (asap pabrik dan kendaraan) mengakibatkan curah hujan di indonesia tidak menentu.

Bagi sebagian orang hujan merupakan halangan untuk melakukan usaha keluar rumah. Biasanya kalau sudah hujan apalagi di pagi hari rasanya ingin santai saja di rumah. Pedagang makanan kaki lima pada saat musim hujan juga jarang yang membuka usahanya karena di musim hujan cendrung sepi pembeli di karenakan saat musim hujan orang cendrung malas pergi untuk keluar rumah.

Usaha di Musim Hujan

Namun, bagi sebagian orang musim hujan adalah berkah seperti para petani yang menanam padi di sawah dengan datangnya musim hujan para petani akan melakukan usaha "tandur" membibit tanaman padi. Selain petani bagi anda yang pandai membaca peluang membuka usaha pada saat musim hujan adalah ide yang cukup cemerlang untuk menambah penghasilan. Nah, usaha apakah yang bagus di musim hujan ? Berikut ini 5 jenis usaha di saat musim penghujan yang cukup menjanjikan dan bisa anda jalankan.

1. Usaha Cucian Motor

Membuka jasa cuci kendaraan di musim kemarau saja menghasilkan profit yang terbilang cukup bagus apa lagi ketika disaat musim penghujan. Usaha cuci kendaraan di waktu musim hujan akan mengalami kenaikan  hingga 100%. Karena memang di saat musim hujan orang-orang akan cendrung malas untuk mencuci motornya sendiri karena sudah terlalu kotor. Solusi agar motor bersih orang-orang cendrung membawa kendaraan mereka ke tempat pencucian motor.

Selain itu untuk menghemat waktu orang-orang memilih cucian motor karena lebih cepat dan lebih bersih. Biasanya cucian kendaraan memiliki alat semprot dan beberapa tempat cucian kendaraan juga memiliki metode pencucian menggunakan busa salju di mana hasil lebih maksimal daripada pencucian biasa. Sehingga pilihan usaha di musim hujan dengan membuka cucian kendaraan adalah pilihan tepat.

2. Membuka Usaha Laundry

Di saat musim penghujan sinar matahari sering tertutup awan gelap sehingga pakaian yang telah di cuci dan di jemur sulit kering karena tidak adanya sinar matahari. Pakain akan menumpuk dan pada akhirnya malas untuk di cuci. Membuka usaha laundry adalah peluang usaha yang menjanjikan untuk di jalankan di saat musim hujan seperti ini.

Meskipun usaha laundry membutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli mesin cuci dan beberapa peralatan. Modal usaha cendrung akan cepat balik karena memang di musim hujan konsumen akan sangat tinggi apalagi di daerah kos-kosa, area kampus dan pabrik. Jadi untuk anda yang memiliki modal cukup tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha yang satu ini.

3. Jualan Jas Hujan

Jika anda penjual makanan kaki lima yang mengalami kendala saat musim hujan, untuk sementara waktu di saat musim hujan anda bisa menjual jas hujan sebagai usaha sampingan. Usaha jualan jas hujan tidak kalah omsetnya dengan jualan makanan di pinggir jalan. Jas hujan yang di jual merupakan jas hujan dengan harga standart yang mana memang tidak terlalu memberatkan bagi para pembeli kisaran antra Rp. 30 ribu hingga 100 ribu.

Kenapa memilih jas hujan dengan harga yang lebih murah. Jualan jas hujan dengan harga murah akan lebih laris dan bisa untuk memutar modal kembali karena tujuanya adalah menjual ke orang-orang yang kehujanan sehingga lebih di fokuskan kepada kebutuhan sesaat bukan kualitas. Meskipun harga murah jas hujan yang di jual tidak berarti memiliki kualitas yang terlalu jelek.

4. Jualan Selimut dan Bad Cover

Kebutuhan akan selimut dan bad cover akan cendrung naik di saat musim hujan karena orang-orang akan mencari perlindungan ketika kedinginan. Usaha jualan selimut dan bad cover merupakan usaha yang cukup lumayan. Bagi anda pemilik olshop bisa menambahkan koleksi jualan selimut dan bad cover dengan harapan mampu mendongkrak penghasilan di saat musim hujan.

Selimut dan Bed Cover yang ada di pasaran di jual dengan harga yang berbeda-beda mulai dari 200 rb hingga 500 rb yang di jual secara paketan dengan seprei tempat tidur. Untuk anda yang ingin kulakan jualan bed cover bisa datang ke pasar grosir tekstil yang terdekat di kota anda seperti contohnya pasar grosir tanah abang yang mana menjadi pusat kulakan para penjual pakain.

5. Jualan Gorengan

Jualan gorengan di saat musim hujan merupakan peluang usaha yang patut di coba. Di saat penghujan usaha makanan di pinggir jalan memang mengalami penurunan. Namun tidak untuk beberapa usaha seperti usaha gorengan. Bisanya gorengan yang masih hangat rasanya akan lebih laziz dan nikmat. Jualan di tempat strategis sambil menuggu hujan reda biasanya orang-orang akan tertarik untuk membeli gorengan apalagi lokasi tempat anda terdapat lokasi berteduh dari hujan.


Sebenarnya masih banyak lagi usaha yang bisa di jalankan di saat musim hujan tiba seperti service payung, jual penutup (jas) motor dari panas dan hujan. Ide -ide usaha jualan disaat musim hujan bisa anda gali sendiri dengan melakukan riset terhadap usaha yang cocok di kampung dimana tempat anda tinggal.

Demikian ulasan beberapa jenis usaha yang kami sajikan untuk anda. Semoga bisa memberi inspirasi untuk anda yang ingin membuka usaha di musim hujan. Terimakasih anda telah membaca artikel usaha tentang : 5 Peluang Usaha Yang Bagus di Musim Hujan.
Buka KomentarTutup Komentar