LIKE FANSPAGE KAMI

10 Usaha Sampingan Untuk Guru Yang Mudah di Jalankan

Baca Juga

Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia, berasal dari paribasan (peribahasa) jawa : DI GUGU LAN DI TIRU yang di singkat menjadi GURU yaitu arti sosok yang menjadi tauladan bagi para murid baik ucapan maupun prilaku. Oleh karena itu seorang guru di tuntut untuk memiliki prilaku dan ucapan yang baik yang dapat ditiru oleh para anak didiknya.

Sayangnya pekerjaan yang sangat mulia itu tidak sebanding dengan upah yang guru terima. Untuk guru yang sudah PNS gaji cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beda halnya dengan guru yang masih mengabdi atau masih honorer, gaji yang mereka terima tidaklah seberapa. Gaji guru honorer di sekolah negri bervariasi mulai dari 250 rb hingga 450 rb bahkan ada yang perbulan hanya di bayar 100 rb.

Meskipun gaji tidak seberapa banyak guru yang berkeyakinan dari pekerjaan mulia tersebut dengan jalan lain rejeki akan datang kepada mereka karena akib at dari keberkahan mengajarkan ilmu dan memerangi kebodohan. Banyak para guru membuka jalanya rizki dengan berbagai peluang usaha yang cocok untuk guru dan bisa di jalankan serta tidak mengganggu aktifitas sebagai seorang pendidik.

 guru cantik popy indrawati


Seorang guru memiliki waktu luang yang cukup banyak ketimbang mereka yang bekerja sebagai karyawan pabrik atau perkantoran. Waktu setelah pulang mengajar bisa di jadikan kesempatan untuk menambah penghasilan melalui bisnis sampingan.

Adapun  bisnis sampingan yang cocok untuk guru di sarankan usaha yang tidak terlalu berat yang banyak mengeluarkan tenaga. Hal tersebut dikarenakan seorang guru pastinya tenaga dan fikiran sudah terkuras di sekolahan sehingga tidak memungkinkan untuk memforsir tubuh maupun fikiran lagi.

Berikut ini jenis-jenis usaha yang bisa di jalankan bagi seorang guru untuk menambah penghasilan melalui bisnis sampingan guru :

#1 Membuka Les Atau Bimbel 


Tidak di pungkiri saat ini membuka bimbel atau les sudah menjadi kebutuhan para siswa-siswi atau anak didik untuk belajar memperdalam ilmu secara eksklusif atau sekedar untuk mengerjakan PR. Biasanya bimbel atau les di dibuka oleh para guru maupun para pelajar mahasiswa. Selain untuk mengajarkan ilmu usaha bimbel atau les bisa menjadi alternatif usaha sampingan modal kecil dan tidak terlalu menghabiskan tenaga. 

Biasanya para guru membuka les di rumah maupun di sekolah dengan tarif perbulan maupun per pertemuan. Jika sekali pertemuan di tarif Rp.5000 rb/siswa. Pastinya jika seorang guru memiliki 5 siswa les maka hasilnya 5 x  Rp.5000/siswa = 25.000 rb.Cukup lumayan untuk menambah pemasukan.

#2 Jualan Online 


Salah satu usaha dengan modal minim dan tidak terlalu merepotkan adalah jualan online. Jualan online tidak mengenal usia, siapa dan dimana. Jika cocok dan deal maka pembelipun akan segera membeli produk anda. Selain itu jualan online tidak harus mengeluarkan modal besar di karenakan yang anda tampilkan adalah gambar doang bukan barang nyata. Jadi tidak perlu takut jika barang yang anda jual tidak laku.

#3 Jualan Pulsa 


Meskipun jualan pulsa hasilnya tidak seberapa namun tidak ada salahnya usaha yang satu ini anda jadikan sampingan untuk menambah pemasukan. Jika anda memiliki banyak teman dan relasi apalagi seorang guru pastinya banyak teman guru lainya yang bisa menjadi target market anda. Cukup lumayan jika di kalikan banyak transaksi perharinya. Hanya saja kelemahan pulsa adalah banyak yang hutang sehingga uang tidak terkadang bisa berputar.

#4 Percetakan Undangan


Usaha yang satu ini memerlukan keahlian khusus yang mana anda di tuntut untuk bisa komputer dan desain. Undangan seringkali di butuhkan untuk berbagai macam acara mulai dari barkatan, walimah dan acara-acara lainya. Meskipun tidak memiliki keahlian khusus dalam bidang desain dan komputer. Usaha percetakan bisa tetap di jalankan karena saat ini sudah banyak tersedia contoh cover atau frame undangan yang siap edit.

#5 Warung Kelontong


Usaha yang bisa di jadikan alternatif sampingan para guru berikutnya adalah usaha membuka warung kelontong. Usaha warung kelontong kecil-kecilan bisa anda kerjakan selama anda di rumah untuk sekedar mengisi waktu luang maupun untuk menambah sedikit penghasilan keluarga. Tidak ada ruginya menekuni usaha kecil ini karena tidak ada yang tahu suatu saat mampu mengembangkan usaha yang tadinya kecil menjadi toko sembako besar.

#6 Jualan ATK (Alat Tulis Kantor)


Usaha jualan ATK merupakan usaha yang bisa dijadikan sampingan para guru apalagi lokasi tempat tinggal  dekat dengan sekolah mauapun kampus. Kampus atau sekolah merupakan target pasar tetap selama sekolah atau kampus tersebut masih berdiri dan masih memiliki murid. Meskipun hasilnya kecil namun jika perlengkapan yang anda sediakan lengkap niscaya akan banyak para pembeli akan datang ke toko anda.

#7 Membuka Loket PPOB Pembayaran Listrik Dll.


Usaha ini termasuk usaha yang simpel yaitu anda mendapatkan fee dari tiap transaksi melalui akun anda. Sekarang ini banyak jasa pembayaran PPOB di mobil maupun di rumah-rumah. Meskipun hasilnya sedikit namun jika anda sudah menjadi langganan maka tidak mustahil pelanggan anda akan bertambah dan semakin banyak. Untuk bisa menjadi  anggota pembayaran loket PPOB biasanyadi harus mendaftar dulu di agen terdekat di kota anda.

#8 Persewaan OHP Proyektor dan Layar 


Persewaan LCD layar saat ini banyak di minati oleh para warga terutama untuk acara seperti nonbar, walimahan dan bioskop lesehan. Harga sewanya pun lumayan 250.000/pershow. Jika anda memiliki modal tidak ada salahnya mencoba usaha yang satu ini.

#9 Jasa Photo Kilat


Kebutuhan akan foto tidak bisa pungkiri lagi, saat ini foto menjadi wajib untuk keperluan perlengkapan seperti pembuatan foto nikah, pendaftaran kuliah dan keperluan lainya. Usaha yang satu ini usaha yang terbilang cukup lumayan untuk di jalankan sebagai sampingan seorang guru. Apalagi ketika ajaran baru dan musim pernikahan biasanya banyak masyarakat ingin sekedar menggandakan foto maupun foto kilat.

#10 Budidaya atau Peternakan


Budidaya dapat bermacam-macam pilihanya mulai budidaya ikan hias, lele, jamur tiram budidaya telur puyuh, ternak love bird dan sebagainya. Untuk sukses usaha sampingan budidaya apapun diharapkan sesuai dengan hobi dan kesukaan. Dengan hobi tersebut di harapkan usaha sampingan yang di jalankan bisa kontinyu dan memperoleh hasil yang maksimal.

Demikian artikel mengenai Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Para Guru Semoga bisa bermanfaat untuk anda para guru yang ingin memiliki usaha sampingan untuk menambah pemasukan keluarga. Pada intinya apapun usaha yang di pilih jangan sampai lupa tugas utama guru yaitu sebagai seorang pendidik.

Buka KomentarTutup Komentar