10 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil Rumahan

Usaha Sampingan Modal Kecil Rumahan - Usaha rumahan merupakan usaha yang banyak di jalankan oleh para perempuan. Sembari mengurus rumah tangga dan mengurus anak para perempuan mencoba untuk menambah penghasilan keluarga melalui peluang bisnis sampingan rumahan. Namun seiring berjalanya waktu dengan berkembangnya dunia digital seperti munculnya e-comerce dan marketplace yang mana sangat menguntungkan untuk usaha kecil menengah (UKM) usaha rumahan mulai banyak di lirik. Selain kaum hawa usaha rumahan akhir-akhir ini banyak juga di jalankan oleh para para kaula muda.

Beberapa alasan mengapa mereka memilih bisnis rumahan adalah sebagai berikut :
  • Tidak butuh modal besar sehingga tidak perlu berhutang atau sampai menjual barang untuk modal usaha.
  • Mudah di jalankan dan tidak mengganggu aktifitas pokok seperti ibu rumah tangga atau aktifitas lainya.
  • Banyak para pengusaha sukses berawal dari bisnis rumahan


Selain ketiga alasan tersebut bisnis rumahan tidak bisa dipandang sebelah mata, omset yang di hasilkan dari bisnis rumahan tidak kalah dengan bisnis perkantoran. Adapun usaha rumahan yang bisa anda jalankan yang anda bisa jadikan pilihan adalah sebagai berikut :

10 Jenis Usaha Modal Kecil Rumahan Untuk Sampingan 


1. Jual Kerajinan Kain Flanel

Kerajinan kain flanel merupakan krajinan yang sangat menarik dengan teksture kain yang lembut dan warna-warni sangat unik jika di jadikan kerajinan seperti tas, bros, tas mini HP, gantungan kunci dan berbagai kreasi lainya. Selain itu kain flanel sangat mudah di dapatkan di toko-toko kain maupun toko kerajinan. Untuk pemasaran krajinan kain flanel bisa di jual secara online maupun di distribusikan ke toko-toko mainan di kota anda.

2. Jual Hijab atau Krudung Muslimah

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di seluruh dunia oleh karena itu menjual krudung maupun hijab merupakan pangsa pasar yang lumayan bagus. Krudung banyak diminati oleh para kaum hawa baik untuk menutup aurat maupun sekedar style atau gaya. Biasanya krudung atau hijab dengan harga murah dengan berbagai macam model dan corak bisa anda dapatkan di pasar khusus tekstill seperti PASAR TANAH ABANG atau pasar-pasar terdekat di kota anda yang mana menerima dropshiper. Untuk pemasaran anda bisa menawarkan ke saudara, teman atau di jual secara online sekaligus.

3. Jual Kue Nastar Maupun Cupkake

Saat ini kue nastar maupun cupkake banyak diminati baik untuk camilan keluarga mapun hidangan di hari spesial. Kue nastar maupun cupkake memiliki rasa yang nikmat dan teksture yang halus banyak di sukai anak-anak maupun orang dewasa.Tidak heran kue-kue ini sangat laris di pasaran terutama di hari-hari spesial seperti natal dan lebaran.

4. Kreasi Parsel Untuk Lamaran Pengantin

Usaha parsel pengantin merupakan usaha yang mana memerlukan kratifitas tinggi. Dalam menata parsel berbagai bentuk dan model sehingga memiliki tampilan unik tidaklah mudah. Namun bagi anda yang suka berimajinasi dengan berbagai macam ide anda bisa mencoba peluang usaha yang satu ini. Harga yang ditawarkan untuk jasa ini pun tidak murah bisa sampai 100 rb per model tergantung keunikan pembuat parsel.


5. Jual Minuman Jus Murah Meriah

Jus atau minuman es merupakan minuman yang banyak di sukai anak-anak apalagi di tempat anda banyak anak-anak bermain tentunya jus yang anda jual akan terjual laris manis. Tidak perlu mahal-mahal yang penting jus anda memiliki rasa yang enak dan tidak terlalu tawar serta dapat di jangkau dengan uang jajan anak-anak di tempat anda. Laba bersih jualan esjus seperti inipun hingga 100 rb/hari dengan kisaran modal 150 rb hingga 200 rb. Cukup dengan modal kecil anda bisa jualan jus.

6. Jual Sosis Goreng dan Sosis Bakar

Jualan sosis biasanya di barengi dengan jualan jus. Setelah makan sosis biasanya perlu minuman penyambung yaitu jus sehingga relevansi berjualan sosis mampu mendongkrak penjualan jus anda. Modal berjualan sosispun tidak terlalu besar sangat terjangkau bagi anda yang memiliki modal kecil.

7. Usaha Batik Tenun Lokal

Untuk anda yang memiliki keahlian dalam membatik tidak ada salahnya membuka peluang usaha yang satu ini. Ketekunan, ketelitian dan keuletan sangat di perlukan untuk menghasilkan batik yang bagus dan rapi. Untuk corak batik anda bisa berinovasi sendiri menyesuaikan daerah masing-masing kota. Andapun bisa mengajari remaja atau putra-putri di sekitar anda untuk belajar membatik. Jika hasil produksi anda mampu memberi kepuasan pelanggan niscaya akan banyak para pembeli yang siap membanjiri pesanan.

8. Produksi Kripik Pisang atau Criping 

Criping atau kripik pisang merupakan makanan cemilan yang terbuat dari buah pisang di goreng dengan bumbu sederhana rasanya renyah dan gurih sangat cocok untuk cemilan keluarga maupun jamuan tamu. Camilan criping sudah lama ada di jawa dan juga banyak di produksi para para ibu-ibu PKK dan di jual dengan cara bagi hasil pada setiap toko atau warung-warung.

9. Jasa Desain Model Mas Kawin Pernikahan

Mesikipun usaha desain maskawin termasuk kategori usaha musiman namun usaha yang satu ini cukup menggiurkan. Bermodalkan keahlian, usaha ini mampu memberi pemasukan tambahan uang untuk keluarga anda. Biasanya puncak rame oder ialah ketika menjelang puasa atau setelah lebaran. Jika anda tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha yang satu ini.

10. Usaha Produksi Kripik Usus Ayam

Kripik usus ayam jarang sekali di jual di toko-toko atau warung-warung klontong. Kripik usus terbuat dari usus ayam yang di cuci bersih kemudian di beri bumbu spesial dan di goreng dengan minyak goreng yang panas dan banyak sehingga kripik yang satu ini menjadi renyah dan gurih. Selain untuk camilan kripik usus bisa digunakan untuk lauk-pauk untuk menu makanan sehari-hari.

Usaha apapun harus dilakukan secara konsisten baik modal kecil maupun modal besar. Dengan konsisten, kesabaran dan keuletan itulah usaha yang anda jalankan bisa di kenal banyak orang. Dengan di kenal banyak orang maka usaha anda bisa sukses dengan meraup omset yang besar.

Demikian artikel tentang 10 Usaha Modal Kecil Rumahan Untuk Sampingan. Semoga bisa memberikan sedikit informasi kepada anda yang hendak menjalankan usaha rumahan.
Buka KomentarTutup Komentar